Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 18 September 2021 20:04

Salinan surat tugas Diknas Sinjai.
Salinan surat tugas Diknas Sinjai.

Surat Tugas Diknas Sinjai untuk Acara Pernikahan, Praktisi Hukum: Jangan Manfaatkan Situasi

Diknas Sinjai membuat surat tugas. Untuk acara pernikahan.

SINJAI, BUKAMATA -- Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, beredar di sosial media sejak Jumat (17/9/2021).

Surat Tugas yang ditandatangani oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Drs Muh. Zuhri N menugaskan kepada sejumlah kepala sekolah dan pejabat Diknas, untuk bertugas pada acara pernikahan.

Surat dengan nomor 094/04.433/DP dikeluarkan pada di Sinjai 16 September 2021, beredar di sejumlah percakapan platform sosial media WhatsApp dan mengundang reaksi para warganet.

Humas Pemkab Sinjai, melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Tamzil Binawan yang dikonfirmasi belum mengetahui secara pasti mengenai surat tersebut, pasalnya ia mengaku sedang di luar kota.

"Nanti kalau saya di Sinjai baru saya cari tahu, soalnya saya lagi di luar kota," Katanya saat dikonfirmasi Bukamata, Sabtu (18/9/2021).

Mengenai pembuatan surat itu, Tamzil enggan berkomentar, menurutnya ia tak memiliki kapasitas untuk menjawab beredarnya surat itu.

"Maaf Bukan kapasitas saya untuk menjawab, untuk ketentuan itu kita hubungi Kabag hukum, karena terkait ketentuan tatanaskah dinas," katanya lagi.

Sementaran itu, praktisi hukum Sinjai, Syahrir Cakkari menanggapi, jika surat yang dikeluarkan oleh Diknas Sinjai, bisa mengarah pada unsur penyalahgunaan kewenangan.

Meskinya kata Syahrir, Diknas Sinjai dalam hal ini Sekretaris Diknas tidak melibatkan kedinasan pada hal yang bersifat pribadi, apalagi ini adalah pesta pernikahan.

"Sebaiknya urusan pribadi dan keluarga tidak dilibatkan pada hal-hal yang dikaitkan dengan kedinasan. Jangan dicampurbaurkan," katanya.

Syahrir mengatakan, pemerintahan Sinjai meski harus dikelola secara profesional, supaya bisa menghasilkan hal-hal yang produktif.

"Kepala sekolah bertugas di sekolahnya. Meskipun ia terlibat secara pribadi, bukan terikat kedinasannya, jangan memanfaatkan situasi, ini bisa mengarah pada unsur penyalahgunaan kewanangan," kataya.

Penulis : Rey Yudistira
#Sinjai

Berita Populer