Muh. Taufik
Muh. Taufik

Senin, 19 Juli 2021 17:52

Memanfaatkan Media Sosial untuk Hidup yang Sejahtera

Memanfaatkan Media Sosial untuk Hidup yang Sejahtera

Lokapasar merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang ibarat mal dari beberapa toko daring.

BUKAMATA - Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 19 Juli 2021 di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Sejahtera Lewat Dunia Digital”.

Program kali ini menghadirkan 662 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari relawan Mafindo Fachruddin Palapa, presenter TV dan kreator konten gaya hidup Ayi Dara, konsultan pemasaran digital sekaligus pendiri @zonanyamankafe Rosmini Hamid, serta advokat dan direktur LBH Pers Manado Ferley Bonifasius Kaparang. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Sinta Pramucitra selaku praktisi PR. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden. 

Pemateri pertama adalah Fachruddin Palapa yang membawakan tema “Peran Literasi Digital di Dunia Marketplace”. Lokapasar merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang ibarat mal dari beberapa toko daring. Ia menyarankan untuk membuat kolaborasi lokapasar dan toko daring pribadi. “Ini merupakan antisipasi apabila terjadi masalah atau kebijakan di pihak ketiga, dalam hal ini lokapasar,” ucapnya.

Berikutnya, Ayi Dara menyampaikan materi berjudul “Digital Ethics: Pengetahuan Dasar dan Aturan Usaha Online”. Ia mengingatkan, dalam berbisnis sangat penting untuk menjunjung tinggi etika, baik daring maupun luring. Beberapa etika berjualan daring diantaranya: ramah,

#Dyandra Promosindo