Muh. Taufik
Muh. Taufik

Jumat, 11 Juni 2021 22:39

Letjen Doni Monardo punya kiprah luar biasa selama memimpin BNPB. (Muchlis - Biro Pers).
Letjen Doni Monardo punya kiprah luar biasa selama memimpin BNPB. (Muchlis - Biro Pers).

Tak butuh waktu Lama Menganggur, Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Diangkat Sebagai Komisaris Utama Inalum

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa peran Doni Monardo ke depan sangat penting.

BUKAMATA - Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat mantan Kepala BNPB dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Inalum, Kamis (10/6) kemarin.

Terkait penunjukkan ini, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa peran Doni Monardo ke depan sangat penting. Erick juga buka suara perihal kapasitas Doni Monardo duduk di pucuk tertinggi jajaran Dewan Komisaris.

“Peran Pak Doni sangat penting. Terlebih, pengalaman, kemampuan, jaringan, dan prestasi beliau tidak diragukan lagi,” kata Erick dalam keterangannya, Kamis (11/6/2021). Erick menambahkan, Doni memiliki sepak terjang kepemimpinan dari Aceh hingga Papua, dari pemulihan daerah aliran sungai Citarum, penghijauan di Sulawesi Selatan hingga terakhir dalam memitigasi pandemi Covid-19.

Rekam jejak ini yang jadi pertimbangan sehingga Doni masuk ke Inalum, yang kini berstatus holding BUMN industri pertambangan. Anggotanya mulai dari PT Freeport Indonesia, PT ANTAM Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT Timah Tbk. dan saham minoritas di PT Vale Indonesia Tbk.

Erick Thohir menyebut bahwa Inalum mengelola aset vital negara di bidang pertambangan yang memiliki rencana besar di bidang kinerja dan aksi korporasi, dengan mementingkan
keharmonisan dengan lintas stakeholder. "Serta pemberdayaan dan perlindungan lingkungan hidup secara berkelanjutan," kata dia.

 

#Doni Monardo