Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 11 Juni 2021 15:46

FOTO/IST.
FOTO/IST.

Mahasiswa Program Doktor UNY Kembangkan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital

Abdul Haliq yang juga merupakan akademisi dari UNM ini menambahkan, model pembelajaran yang dikembangkan ini berbasis pada literasi digital.

MAKASSAR, BUKAMATA - Perkembangan zaman yang memasuki era industri 4.0 juga berdampak terhadap kebutuhan model-model pembelajaran di perguruan tinggi. Model pembelajaran harus terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi digital di era industri 4.0.

Hal inilah yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswa program Doktor UNY, Abdul Haliq. Dalam penelitian disertasinya yang baru saja dilakukan di Universitas Negeri Makassar, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa sekarang yang juga dikenal sebagai kaum milenial, sangat akrab dengan gawai dan berbagai teknologi digital merespon positif model pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi digital.

"Mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran yang dikemas dengan model yang diterapkan dan berdampak terhadap meningkatnya proses dan hasil pembelajaran yang diperoleh," kata Haliq, Jumat (11/6/2021).

Abdul Haliq yang juga merupakan akademisi dari UNM ini menambahkan, model pembelajaran yang dikembangkan ini berbasis pada literasi digital. Dia menjelaskan bahwa Keterampilan literasi digital membuat mahasiswa lebih selektif terhadap berbagai informasi dan sumber daya digital untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

"Keterampilan Literasi digital ini juga membuat mahasiswa mampu mengevaluasi dan menyeleksi informasi dan sumber daya digital yang akan dibagikan kepada warganet, sehingga mahasiswa dapat terhindar dari informasi yang tidak valid atau hoax," terangnya.

Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan dalam rangka penyelesaian disertasi pada Program Pascasarjana Prodi Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta. Pengembangan model pembelajaran yang berbasis literasi digital dipilih untuk dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan model-model pembelajaran di era industry 4.0

 

#UNM