Aswad Syam
Aswad Syam

Jumat, 11 Juni 2021 14:09

Eva saat dievakuasi Tim SAR Gabungan di Gunung Abbo, Maros.
Eva saat dievakuasi Tim SAR Gabungan di Gunung Abbo, Maros.

Begini Pengalaman Mistis Pendaki Eva Selama Hilang di Gunung Abbo Maros

Ada pengalaman mistis Eva, selama hilang di Gunung Abbo. Begini kisahnya.

MAROS, BUKAMATA - Eva (24) akhirnya ditemukan. Itu setelah 3 hari pencarian. Dia dalam keadaan sehat. Hanya luka lecet di kaki, punggung, juga luka robek di kepala. Bagaimana pengalaman Eva selama menghilang?

Hari itu, Minggu, 6 Juni 2021. Eva mengaku sedang berkemah di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulsel. Lalu, dia hendak buang air kecil. Dia lalu mengambil gayung. Kemudian dia ke sungai dangkal. Jaraknya 10 meter dari lokasi perkemahan.

Di balik bebatuan, Eva kemudian melepas sandalnya. Karena tak ingin sandalnya basah. Lalu, Eva buang air kecil. Saat buang air kecil itu adalah momen terakhir yang diingat Eva.

"Jadi saya lepas sandal dan mundur tiga langkah. Pas mau jongkok, saya sudah lupa," ungkap Eva.

Setelah itu, dia tak ingat apa-apa. Ingatannya pulih ketika Eva berada di sebuah gua kecil. "Pas saya bangun, saya sudah berada di gua kecil," tambahnya.

Gua itu kata Eva, berada di atas tempatnya buang air kecil. Ketika sadar, Eva memilih diam di tempat. Dia terus mengingat apa yang menimpanya. Dia terheran-heran dan bertanya kenapa dirinya ada di tempat itu. Eva tak banyak bergerak. Dia hanya duduk dan tidur di gua itu.

Dia kebetulan membawa bawa biskuit di dalam jaketnya. Tapi dia tidak memakannya. "Saya pikir kenapa saya berada di sini? Karena terakhir sudah mau pulang," ujar Eva heran.

Komandan Tim Basarnas Makassar Dadang Tarkas mengungkap, Gunung Abbo tempat Eva hilang, memang dikenal memiliki kisah mistis yang kuat.

Kepada Dadang, Eva mengaku dirinya merasa selalu ada yang memindahkannya saat tidur. Itu dialami Eva selama beberapa malam saat hilang di Gunung Abbo.

"Contoh dia tidur di satu batu, pada saat dia sadar atau dia bangun posisinya bukan di batu itu yang ditempati tidur, berpindah ke batu yang lain. Ada juga dia tidur di atas kayu, tahu-tahu dia bangun sudah ada di atas batu," ungkap Dadang.

Keluarga Eva sempat melakukan ritual khusus di kaki Gunung Abbo. Itu beberapa jam sebelum Eva ditemukan. Ritual tersebut, lanjut Dadang, didasari oleh kepercayaan masyarakat setempat, bahwa sungai dangkal tempat korban hilang adalah tempat yang mistis.

Setelah beberapa jam usai ritual, tim pencari dari SAR gabungan, berhasil menemukan jaket Eva. Letaknya dua kilometer dari tempat Eva menghilang. Lalu, di tempat itu 150 tim pencari kemudian meneriakkan nama Eva. Hingga akhirnya dari balik bebatuan, sekitar lima meter dari tempat jaket ditemukan, terdengar suara Eva. Dari sebuah jurang. Eva lalu dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas.

#Pendaki hilang