Samsul Bahri
Samsul Bahri

Sabtu, 29 Mei 2021 14:00

IST
IST

KUA Biringkanaya Dipilih Kemenag RI jadi Percontohan Pencanangan Revitalisasi

Biringkanaya Kota Makassar masuk sebagai percontohan bukan tanpa alasan. KUA yang berdiri di atas tanah seluas 518 M3 dengan luas gedung 300 M3 ini memiliki fasilitas yang cukup representatif sebagai kantor pelayanan publik yang memenuhi standar pelayanan nasional.

BUKAMATA, MAKASSAR - Dirjen Bimas Islam Kemenag RI menetapkan enam KUA yang akan menjadi model dalam pencanangan revitalisasi ini salah satunya adalah KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kita di Sulsel sangat bersyukur dan berbangga, dimana salah satu dari Enam KUA yang dipilih adalah KUA Kec. Biringkanaya Kota Makassar," Kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel, Khaeroni, di KUA Kecamatan Biringkanaya, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, dipilihnya KUA Kec. Biringkanaya Kota Makassar masuk sebagai percontohan bukan tanpa alasan. KUA yang berdiri di atas tanah seluas 518 M3 dengan luas gedung 300 M3 ini memiliki fasilitas yang cukup representatif sebagai kantor pelayanan publik yang memenuhi standar pelayanan nasional.

"Dibangun dengan dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara senilai Rp 1 Milyar di tahun 2016, KUA Biringkanaya Makassar menghadirkan ruang dan pola pelayanan yang nyaman bagi masyarakat," ujar Subhan, Kepala KUA Biringkanaya Makassar.

"Penambahan fasilitas yang ramah akan penyandang disabilitas membuat KUA Biringkanaya Makassar ini semakin layak disandingkan dengan kantor-kantor pelayanan publik lainnya di perkotaan," tuturnya.

KUA Kec. Biringkanaya juga sudah menerapkan pelayanan berbasis digital. Berikut, beberapa layanan yang disajikan kepada masyarakat diantaranya ;

1. Pencarian data pernikahan berdasarkan tanggal pernikahan.
2. Info Kebimasislaman: infografis data pernikahan, data penghulu, data penyuluh, profil KUA, data tempat ibadah, data wakaf, hingga peta potensi konflik.
3. Info Haji dan Umrah: cek perkiraaan keberangkatan haji, data PPIU, data KBIHU, dan data jemaah haji.
4. Layanan Konsultasi terkait Kemasjidan, Zakat Wakaf, Pembinaan Syariah, Hisab Rukyat, Penerangan Agama Islam dan Manasik Haji.

KUA Biringkanaya, Subhan juga sudah menerapkan program Pusaka Sakinah yang sudah eksis sebelum adanya Program Revitalisasi KUA.

Subhan memastikan ASN dan petugas di KUA Biringkanaya sudah medapatkan bimbingan teknis terkait dengan program Revitalisasi KUA yang dicanangkan oleh Ditjen Bimas Islam, serta pelatihan Standar Opersonal Pelayanan di kantor.

"Kami berusaha memaksimalkan tenaga, anggaran dan semua yang kami miliki untuk suksesnya pelayanan kepada masyarakat. Karenanya kami berkomitmen Mewujudkan KUA Biringkanaya sebagai Pusat Layanan Keagamaan bagi Masyarakat, Kami sadar betul bahwa masyarakat dari semua lapisan berhak atas informasi dan pelayanan prima yang berkelas ," tutup Subhan

Kementerian Agama RI menargetkan ada 100 KUA yang dilakukan proses revitalisasi pada 2021. Kemenag telah membuat kriteria yang menjadi fokus revitalisasi KUA, yaitu:

1. Perbaikan infrastruktur KUA (kondisi bangunan representatif)
2. Peluasan cakupan layanan KUA
3. Peningkatan kuantitas dan kualitas SDM KUA (telah memperoleh bimtek Pusaka Sakinah dari Kementerian Agama RI)
4. Integrasi data dengan memanfaatkan Tekhnologi Informasi.

 

 

 

#kecamatan biringkanaya #Camat Biringkanaya

Berita Populer