Ririn
Ririn

Jumat, 07 Mei 2021 08:42

Foto: Getty Images via CNN
Foto: Getty Images via CNN

India Teruskan Renovasi Parlemen Ketika Negara itu Tak Berdaya oleh Covid

Namun keputusan untuk melanjutkan proyek tersebut telah membuat marah publik dan politisi oposisi

BUKAMATA - Ketika rumah sakit di India masih berjuang untuk mendapatkan oksigen yang dapat menyelamatkan jiwa dan ribuan pasien Covid-19 meninggal, Perdana Menteri Narendra Modi meneruskan perbaikan parlemen senilai $ 1,8 miliar, termasuk rumah baru bagi pemimpin negara itu.

Proyek mahal yang dikenal sebagai Central Vista Redevelopment Project ini telah dikategorikan sebagai "layanan esensial", yang berarti konstruksi diizinkan untuk dilanjutkan bahkan ketika sebagian besar proyek bangunan lainnya telah dihentikan.

Namun keputusan untuk melanjutkan proyek tersebut telah membuat marah publik dan politisi oposisi, karena negara memilih menggelontorkan jutaan dolar pada proyek konstruksi pada saat mereka berjuang dengan krisis kesehatan.

Dua warga - termasuk satu yang menderita Covid-19 telah mengajukan kasus ke Pengadilan Tinggi Delhi pada hari Rabu untuk mencoba menghentikan pembangunan, yang terus berlanjut bahkan ketika ibu kota diisolasi.

Para pemohon berpendapat gedung parlemen bukan merupakan layanan penting dan pekerjaan konstruksi bahkan bisa menjadi tempat penyebar super Covid.

Diperkirakan 46.700 orang diperkirakan akan dipekerjakan sementara selama konstruksi

Pengadilan Tinggi menawarkan untuk mendengarkan kasus tersebut akhir bulan ini, tetapi para pemohon membawa masalah tersebut ke Mahkamah Agung, dengan alasan pengadilan yang lebih rendah telah "gagal untuk menghargai besarnya" dari situasi tersebut.

“Karena ada masalah kesehatan masyarakat dalam hal ini, penundaan apapun bisa merugikan kepentingan publik yang lebih besar,” tulis penggugat kepada Mahkamah Agung.

Kasus tersebut kemungkinan besar akan disidangkan pada hari Jumat.

India telah melaporkan lebih dari 3.000 kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. Negara itu menyumbang seperempat dari kematian akibat virus korona global selama seminggu terakhir, menurut laporan mingguan Covid-19 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan sebelum gelombang kedua Covid-19 melanda India, Central Vista telah menarik kontroversi. Para kritikus mengatakan renovasi mahal itu akan mengorbankan sejarah dan warisan negara.

Dan sekarang ini, oposisi semakin mencelanya dan mengecam rencana tersebut sebagai proyek yang sia-sia.

Di lain sisi, para pendukung renovasi seluas 86 acre tersebut mengatakan itu perlu karena bangunan berusia 100 tahun saat ini sudah tidak sesuai.

"Peluncuran pembangunan Gedung Parlemen India, dengan gagasan ke-India-an oleh orang India, adalah salah satu tonggak terpenting dari tradisi demokrasi kita," kata Modi pada bulan Desember saat peletakan batu fondasi bangunan itu.

"Kami rakyat India akan membangun gedung Parlemen baru ini bersama-sama."

#India