Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Kamis, 08 April 2021 23:58

Suasana penggeledahan di LPP Sungguminasa, Kamis (8/4/2021) malam.
Suasana penggeledahan di LPP Sungguminasa, Kamis (8/4/2021) malam.

Aparat Gabungan Sidak Lapas Perempuan Sungguminasa, Ini yang Ditemukan

Eko Suprapti Rudhatiningsih mengatakan bahwa penggeledahan gabungan tersebut dilakukan di lima blok yang terdiri dari 20 kamar.

MAKASSAR, BUKAMATA - Kamis, 8 April 2021. Aparat gabungan melakukan apel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Sungguminasa. Itu merupakan salah satu rutinitas sebelum melakukan sidak malam tadi.

Usai apel, aparat gabungan yang terdiri dari petugas LPP Sungguminasa, anggota Badan Narkotika Nasional (BNN), petugas Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Polisi dan TNI, langsung masuk ke kamar-kamar yang dihuni para warga binaan.

Kalapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Eko Suprapti Rudhatiningsih mengatakan bahwa penggeledahan gabungan tersebut dilakukan di lima blok yang terdiri dari 20 kamar.

"Penggeledahan ini sebagai salah satu kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Hari Permasyarakatan ke-57 yang jatuh pada 27 April 2021 mendatang," kata Eko Suprapti yang didampingi KA. KPLP, Andi Annisya Ikhsyania.

Dalam sidak itu, lanjut Eko Suprapti, sejumlah barang bukti berupa senjata tajam berhasil diamankan mulai dari gunting, cutter, jarum, paku, gergaji, botol kaca, dan barang bukti lainnya.

"Saat penggeledahan, kami temukan adanya barang sajam (senjata tajam), kita ambil semua, tapi untuk obat-obatan terlarang tidak ada," bebernya.

Kata Eko Suprapti, sidak tersebut sebetulnya sudah menjadi rutinitas di LPP Kelas IIA Sungguminasa. Dimana, petugas kerap melakukan penggeledahan dua sampai tiga kali dalam setiap bulan.

"Selain itu kami tetap megadakan pemantauan bersama teman-teman yaitu dengan melakukan penggeledahan di (pintu) depan. Ini untuk mencegah warga binaan membawa masuk barang-barang terlarang," ungkapnya.

Sekedar diketahui, sidak tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dengan mengunakan sarung tangan dan masker. Itu dilakukan mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

#Lapas Perempuan Sungguminasa