Aswad Syam
Aswad Syam

Minggu, 14 Maret 2021 15:59

Suasana rapat kerja Baitul Maal As'adiyah.
Suasana rapat kerja Baitul Maal As'adiyah.

Literasi Kebencanaan Ala Blue Helmet Partai Gelora

Blue Helmet Gelora menjadi narasumber dalam rapat kerja Baitul Maal As'adiyah, yang membahas kebencanaan.

MAMASA, BUKAMATA - Minggu, 14 Maret 2021. Baitul maal As'adiyah Sulbar, mengadakan Rapat kerja di Kecamatan Bala, Mamasa. Dalam rangkaian rapat kerja Baitul maal As'adiyah menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

"Sebagai pemateri kesiapsiagaan bencana, kami menghadirkan narasumber dari Blue Helmet Gelora Indonesia," ujar Dewan Pembina As'adiyah, Zainal Abidin.

Arif Ardiansyah dari Blue Helmet Gelora yang menjadi narasumber memberikan penguatan kapasitas lembaga menghadapi bencana. Dia menekankan peran seluruh stakeholder untuk saling berkolaborasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan peran serta lembaga kemanusiaan dalam fase bencana. Diantaranya, fase sebelum terjadinya bencana. Peran serta pada tahap ini kata dia, masyarakat harus memperkuat literasi kebencanaan supaya kita semua akan menjadi masyarakat yang tangguh.

Sedangkan pada saat pasca bencana lanjut dia, kita semua bisa berperan dalam rekonstruksi dan rehabilitasi kehidupan masyarakat dengan memberikan edukasi dan penguatan terhadap kondisi bencana yang terjadi.

"Misalnya, gempa yang terjadi di Majene-Mamuju baru-baru ini. Kita bisa berperan memberikan rekomendasi terkait bangunan yang cocok untuk dijadikan hunian di daerah gempa, agar meminimalisir terjadinya kerugian," ungkapnya.

#Blue Helmet