Ririn
Ririn

Sabtu, 23 Januari 2021 12:43

Foto: AFP
Foto: AFP

Biden Telepon PM Kanada untuk Panggilan Pertamanya Sebagai Presiden AS

Biden dan Trudeau berbicara hanya beberapa hari setelah perdana menteri Kanada menyatakan kekecewaannya atas perintah eksekutif yang menghentikan pembangunan pipa minyak Keystone XL.

BUKAMATA - Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan telepon pertamanya dengan para pemimpin asing sebagai panglima tertinggi Amerika pada hari Jumat.

Orang pertama yang dia hubungi adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador.

Biden dan Trudeau berbicara hanya beberapa hari setelah perdana menteri Kanada secara terbuka menyatakan kekecewaannya atas keputusan Biden untuk mengeluarkan perintah eksekutif yang menghentikan pembangunan pipa minyak Keystone XL.

Proyek yang telah lama disengketakan itu diproyeksikan membawa sekitar 800.000 barel minyak per hari dari Alberta ke Pantai Teluk Texas, melewati Montana, South Dakota, Nebraska, Kansas, dan Oklahoma.

Menurut seorang sumber, dalam percakapan pribadi mereka, Biden mengatakan kepada Trudeau bahwa dengan mengeluarkan perintah, dia menindaklanjuti janji kampanye untuk menghentikan pembangunan pipa tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan bahwa selama percakapan, Biden mengakui kekecewaan Trudeau dengan keputusannya atas Keystone.

Biden juga berbicara dengan López Obrador pada hari Jumat, beberapa hari setelah presiden Meksiko menuduh Administrasi Penegakan Narkoba AS memalsukan tuduhan perdagangan narkoba terhadap mantan menteri pertahanan Jenderal Salvador Cienfuegos, yang ditangkap di Los Angeles pada bulan Oktober.

López Obrador mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa percakapan dengan Biden "ramah dan penuh hormat". Keduanya membahas imigrasi dan COVID-19, dan beberapa masalah lainnya.

#Joe Biden #Presiden AS