Ibnu Kasir
Ibnu Kasir

Rabu, 13 Januari 2021 16:35

FOTO/IST.
FOTO/IST.

Tiga Pekan di Spanyol, Timnas U-19 kembali ke Indonesia

Begitu tiba di Indonesia, seluruh pemain serta ofisial timnas U-19 akan menjalani karantina mandiri dan Swab Test PCR

BUKAMATA - Timnas Indonesia U-19 pulang ke Indonesia dari Spanyol pada Rabu (13/1/2021) besok. Kepulangan ke Indonesia ini lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun PSSI.

Awalnya timnas U-19 direncanakan menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021 mendatang. Namun karena pandemi Covid-19 yang makin meninggi di Spanyol yang berimbas tidak dapat menggelar uji coba membuat skuat Garuda Nusantara harus pulang lebih cepat.

Pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia setuju dengan keputusan ini. Apalagi sebelumnya ia melakukan koordinasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan melaporkan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi Covid-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba," kata Shin Tae-yong.

Meski begitu, Shin menyatakan bahwa selama menjalani TC di Spanyol para pemain menunjukkan perkembangan yang baik dan selalu bekerja keras.

"Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game. Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras serta selalu bermain maksimal. Mereka kariernya masih panjang dan menjadi generasi penerus timnas Indonesia U-23 maupun senior," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong juga berencana akan menggelar pemusatan latihan (TC) untuk timnas Indonesia pada bulan Februari mendatang.

Skuat Garuda Nusantara yang terbang menggunakan maskapai Turkish Airlines diperkirakan akan tiba mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada hari Kamis (14/1/2021) pada pukul 20.25 WIB.

Begitu tiba di Indonesia, seluruh pemain serta ofisial timnas U-19 akan menjalani karantina mandiri dan Swab Test PCR sesuai aturan pemerintah Indonesia.

"Alhamdulillah hasil Swab Test PCR yang kami lakukan kemarin disini semuanya hasilnya negatif. Jadi kami semuanya dapat kembali ke Indonesia hari ini. Setibanya di Indonesia kami harus karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali jalani Swab Test PCR," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Sementara itu, untuk Kelana Mahessa ia kembali ke Jerman dan Khairul Imam Zakiri bertahan di Spanyol karena langsung bergabung ke klubnya Gymnastica Cueta yang sekarang berubah nama menjadi CD Polillas.

 

#Timnas Indonesia U-19