Ririn
Ririn

Kamis, 07 Januari 2021 16:46

Presiden Donald Trump berjalan ke Oval Office di Washington, DC, pada 31 Desember 2020. (Tasos Katopodis / Getty Images)
Presiden Donald Trump berjalan ke Oval Office di Washington, DC, pada 31 Desember 2020. (Tasos Katopodis / Getty Images)

Kongres AS Resmi Menegaskan Kemenangan Joe Biden, Begini Komentar Trump!

Sebagai tanggapan atas hasil penegasan Kongres, Presiden Donald Trump telah menjanjikan transfer kekuasaan yang tertib ke Biden.

BUKAMATA - Kongres AS telah menegaskan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden 2020. Dia dan wakilnya, Kamala Harris akan dilantik pada 20 Januari mendatang.

Penghitungan Electoral College Vermont berhasil membuat Biden dan Harris mencapai target 270 suara yang diperlukan untuk memenangkan kursi kepresidenan. Secara total, mereka mengumpulkan 306 suara.

Senat dan DPR menolak keberatan untuk membuang suara elektoral Georgia dan Pennsylvania untuk Biden. Partai Republik juga keberatan dengan suara elektoral Arizona, Nevada dan Michigan, tetapi mosi itu gagal sebelum mencapai perdebatan.

“Pengumuman status pemungutan suara oleh Presiden Senat akan dianggap sebagai deklarasi atas orang-orang yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, masing-masing untuk masa jabatan yang dimulai pada hari ke-20 Januari 2021," kata Mike Pence usai penghitungan seluruh suara Electoral College, yang bertindak sebagai Presiden Senat.

Mike PencePengesahan suara itu terjadi setelah perusuh pro-Trump menyerbu Capitol AS pada Rabu pagi, dan memaksa Kongres untuk menunda sesi selama beberapa jam. Proses dilanjutkan sekitar pukul 8 malam ET.

Pertemuan ditutup dengan pembacaan doa oleh Pendeta Senat Barry Black, yang mengutuk kekerasan yang terjadi sebelumnya.

“Tuhan atas hidup kami dan kedaulatan bangsa kami tercinta, kami menyesalkan penodaan gedung Capitol Amerika Serikat, penumpahan darah tak berdosa, hilangnya nyawa, dan rawa disfungsi yang mengancam demokrasi kami."

"Tragedi ini telah mengingatkan kami bahwa kata-kata penting dan bahwa kekuatan hidup dan mati ada di lidah."

"Tuhan, Engkau telah membantu kami mengingat bahwa kami perlu saling melihat kemanusiaan yang sama yang mencerminkan citra-Mu."

"Berkati dan jaga kami. Jauhkan kami dari semua keinginan yang salah, miringkan hati kami untuk melakukan keinginan-mu, dan tuntun kaki kami di jalan damai. Dan Tuhan berkati Amerika."

Sebagai tanggapan atas hasil penegasan Kongres, Presiden Donald Trump telah menjanjikan transfer kekuasaan yang tertib ke Biden.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

"Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi."

#Amerika Serikat #Donald Trump