Ririn
Ririn

Sabtu, 02 Januari 2021 15:55

Lisa Montgomery (Foto via CNN)
Lisa Montgomery (Foto via CNN)

Satu-satunya Wanita Terpidana Mati di AS Bisa Dieksekusi Bulan ini

Lisa Montgomery dihukum pada tahun 2004 karena mencekik seorang wanita Missouri yang sedang hamil delapan bulan sampai mati, lalu mengambil bayinya.

BUKAMATA - Satu-satunya wanita terpidana mati di AS kemungkinan besar akan dieksekusi bulan ini.

Lisa Montgomery awalnya dijadwalkan akan dieksekusi pada 8 Desember. Dia dihukum pada tahun 2004 karena mencekik seorang wanita Missouri yang sedang hamil delapan bulan sampai mati, lalu mengambil bayinya. Bayi itu selamat.

Kamis lalu (24/12/2020) eksekusinya ditunda oleh pengadilan karena dua pengacara Montgomery, yang berencana untuk meminta grasi untuknya, jatuh sakit akibat virus corona.

Namun pada hari Jumat (01/01/2021) tiga hakim di DC Circuit Court of Appeals memutuskan bahwa hakim pengadilan yang lebih rendah melakukan kesalahan dengan mengosongkan tanggal eksekusi Montgomery.

Selanjutnya, dia dijadwalkan untuk dieksekusi sebelum pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, yang telah berjanji untuk menghapus hukuman mati federal.

Pengacara Montgomery, Meaghan VerGow, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip CNN bahwa dia tidak setuju dengan putusan hakim dan akan mengajukan petisi kepada mereka agar mempertimbangkan kembali keputusan mereka.

Para hakim memberi waktu pada VerGow hingga Sabtu untuk mengajukan petisi.

"Pemerintah federal harus diwajibkan untuk mengikuti undang-undang dalam menetapkan tanggal eksekusi, seperti yang dilakukan oleh pengadilan distrik dengan benar ... Mengingat semua yang kita ketahui tentang penyakit mental Lisa Montgomery, penyiksaan dan trauma yang mengerikan seumur hidupnya, dan banyaknya orang yang berada dalam posisi itu... Tidak ada alasan prinsip untuk melaksanakan eksekusinya," kata VerGow.

"Pemerintah harus menghentikan upaya tanpa henti untuk mengakhiri hidupnya."

VerGow juga telah meminta Presiden Donald Trump untuk mengubah hukuman Montgomery menjadi penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Pemerintahan Trump telah melakukan 10 eksekusi federal di bulan-bulan terakhir masa kepresidenannya, yang terbesar dalam satu tahun di Amerika Serikat dalam beberapa dekade.

Jika hukuman Montgomery benar-benar ditegakkan, dia akan menjadi wanita pertama yang dieksekusi oleh pemerintah AS sejak 1953.

Wanita terakhir yang dieksekusi oleh pemerintah AS adalah Bonnie Brown Heady pada tahun 1953, menurut catatan Biro Penjara AS, karena penculikan dan pembunuhan. AS juga terkenal mengeksekusi Ethel Rosenberg pada tahun yang sama karena spionase.

#Hukuman mati #Amerika Serikat