Ririn
Ririn

Rabu, 18 November 2020 10:23

Ilustrasi
Ilustrasi

6 Orang Tewas Dalam Serangan Roket di Zona Hijau Irak

Roket Katyusha ditembakkan dari lingkungan al-Amin di Zona Hijau, di ibukota Irak pada Selasa malam

BUKAMATA - Seorang anak perempuan tewas dan lima warga sipil lainnya terluka akibat serangan roket yang menargetkan Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad, Irak, pada hari Selasa (17/11).

"Beberapa proyektil mendarat di Grand festivities Square dan sekitarnya, dan dekat Medical City dan Zawra Park pada Selasa malam," demikian pernyataan dari kantor Komando Operasi Gabungan Irak (JOC).

JOC menambahkan bahwa dinas intelijen Irak telah melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa di balik serangan tersebut.

"Apa yang disaksikan ibu kota Baghdad pada Selasa malam tidak akan berlalu tanpa pertanggungjawaban, dan pasukan keamanan dan dinas intelijen kami telah memulai prosedur untuk mengidentifikasi para pelaku untuk membawa mereka ke pengadilan," katanya.

Dalam pernyataan sebelumnya, JOC mengatakan bahwa empat roket Katyusha ditembakkan dari lingkungan al-Amin di Baghdad timur di Zona Hijau.

Serangan itu mendorong Irak melepaskan senjata anti-rudal untuk menembak kembali roket tersebut, sementara sirene terdengar di zona itu.

Zona hijau menampung beberapa kantor utama pemerintah Irak dan kedutaan AS.

Sejauh ini tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS di seluruh Irak dan kedutaan besar AS di Zona Hijau sering menjadi sasaran serangan mortir dan roket.

Pasukan AS telah dikerahkan di ke negara itu untuk mendukung pasukan Irak dalam pertempuran melawan militan ISIS.

#Irak