Redaksi
Redaksi

Jumat, 06 November 2020 14:13

Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari
Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari

Digelar Besok, Begini Teknis Debat Perdana Pilwalkot Makassar

KPU Kota Makassar akan menggelar debat pilwalkot Makassar besok di Jakarta. Debat pertama dari tiga debat yang direncakan ini, akan dibagi dalam 7 sesi.

MAKASSAR, BUKAMATA - Sabtu, 7 November 2020 besok, KPU Makassar akan menggelar debat perdana Pilwalkot Makassar. Lokasinya di Jakarta.

komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari mengatakan, debat akan berlangsung dalam tujuh segmen. Diawali penyampaian visi dan misi para paslon.

Debat tersebut kata Endang, bisa diakses di semua platform media sosial.

"Kami berusaha menghadirkan sebuah debat yang bisa diakses seluas-luasnya oleh warga Kota Makassar di semua platform media karena kami sadar betul salah satu tahapan paling penting dari pelaksanaan pilkada adalah pada debat publik," kata Endang, Jumat (6/11/2020).

Melalui debat ini kata Endang, warga Makassar bisa mengenal sosok calon pemimpinnya. "Kami di KPU Makassar berharap debat bisa mensosialisasikan visi-misi kandidat sekaligus mengeksplorasi gagasan dan wawasan mereka," tambahnya.

Ada tujuh tema pada debat pertama Pilwalkot Makassar ini. Yakni, sosial, budaya, keamanan, pendidikan, transportasi, lingkungan, dan isu toleransi.

Berikut teknisnya:

1. Pertama pembukaan dengan acara pemaparan visi, misi, dan program masing-masing pasangan calon atau calon.

2. Kedua pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator dan pendalaman visi, misi, dan program untuk tema ke-1 dan dilanjutkan dengan tanya-jawab dan sanggahan antarpaslon.

3. Ketiga, pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator dan pendalaman visi, misi, dan program untuk tema ke-2 dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan sanggahan antarpaslon.

4. Keempat, pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator dan pendalaman visi, misi, dan program untuk tema ke-3 dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan sanggahan antarpaslon.

5. Pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator dan pendalaman visi, misi, dan program untuk tema ke-4 dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan sanggahan antarpaslon.

6. Keenam, pembacaan pertanyaan panelis oleh moderator dan pendalaman visi, misi, dan program untuk tema ke-5 dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan sanggahan antarpaslon.

7. Ketujuh, pernyataan penutup masing-masing paslon.

KPU Makassar berencana menggelar tiga kali debat. Untuk debat kedua, temanya, reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan, dan ekonomi. Sementara itu, pada debat ketiga, soal kebijakan COVID-19, komitmen penanganan penanggulangan narkoba, perlindungan terhadap anak, perempuan dan disabilitas, serta penanggulangan kemiskinan.

Debat ini akan diikuti empat pasangan calon. Masing-masing berdasarkan nomor urut, Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman), Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Deng Ical-dr Fadli), dan Irman Yasin Limpo-Zunnun Nurdin Halid (None-Zunnun).

#KPU Kota Makassar #Debat kandidat #Pilwalkot Makassar