MAKASSAR, BUKAMATA - Kepala Biro Administrasi Keuangan bersama tim Efektif yang terdiri dari Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian beserta Staf Administrasi Keuangan Kantor Pusat Universitas Hasanuddin, membuat inovasi pelayanan administrasi keuangan (AKU).
Tujuan pembuatan aplikasi ini, antara lain untuk memberikan layanan efektif, efisien dan transparan, memudahkan koordinasi, memberikan informasi jenis tarif layanan Unhas secara transparan dan terpadu (layanan permintaan slip gaji, KP4 dan mempermudah layanan persuratan dari Fakultas/Unit Kerja/Prodi).
Fakultas dapat memonitoring pembayaran UKT mahasiswanya, mempermudah mahasiswa dalam mencetak bukti UKT, juga mempermudah prodi ke depannya dalam meminta bantuan dana untuk kegiatan pengembangan prodi.
Baca Juga :
Kami akan menyiapkan pelatihan khusus untuk menyiapkan 2 admin tiap unit kerja dalam lingkup Unhas. Aplikasi ini bisa di buka Website httpp://unhas. Ac.id/birokeuangan/aku Ucap Mardani Kepala Biro Administrasi Keuangan Unhas.
Kepala Biro Administrasi Keuangan mengatakan, aplikasi ini lahir dari ide dan masukan dari Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Infrastruktur sebagai mentor dan Sekretaris Universitas Hasanuddin Bapak Prof Nasaruddin Salam. Tujuan utamanya, mempermudah proses pelayanan administrasi di kampus khususnya yang berkaitan tentang keuangan.
"Pengalaman kami setiap saat ada saja dosen membutuhkan slip gaji mereka dan harus ke kantor pusat, Belum lagi mahasiswa, tiba-tiba butuh mencetak bukti pembayaran UKT mereka untuk kebutuhan administrasi syarat berkas beasiswa atau hal lain," ujarnya.
Tapi tidak hanya itu lanjyt dia, apabila masyarakat Umum mau mengetahui fasilitas kampus berupa sewa Rusunawa dan Gedung yang dipersewakan di Universitas Hasanuddin bisa pula dengan cepat mereka ketahui karena ada fasilitas tersebut dalam aplikasi ini.
Apalagi masa pandemi ini kita semua menjadi gagap dan takut untuk melakukan kontak fisik, jadi aplikasi ini akan membuat semua proses pelayanan tetap berjalan seperti biasanya dan ini akan lebih cepat dari biasanya.
Prof Nasaruddin Salam, mengatakan,
Tata Kelola dalam unit kerja bisa berjalan bila koordinasi, integrasi dan sinkronisasi berjalan beriringan. Memberi pelayanan yang nyaman dan cepat adalah sebuah keberhasilan unit kerja bila mampu mewujudkan hal tersebut.
Launching aplikasi ini dilaksanakan Kamis, 22 Oktober 2020 kemarin, di ruang senat gedung rektorat Unhas pukul 13.30 Wita. Setelah launching Kepala Biro Administrasi Keuangan lansung melakukan sosialisasi aplikasi ini pertama kali di Ruang Senat Fakultas Ilmu Budaya, yang dihadiri pimpinan Fakultas Ilmu Budaya, Ketua Senat FIB, Ketua Departemen/Prodi, Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kasubag dalam lingkup FIB Unhas sore tadi pukul 16.00 WITA dan dihadiri Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT.
Dekan Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Akin Duli, MA sangat mengapresiasi upaya peningkatan layanan yang dilakukan oleh Unit Kerja Administrasi Keuangan Unhas. Menurut Akin Duli, ini akan sangat mendukung Fakultas Ilmu Budaya dalam mempersiapkan diri menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi.
"Pekerjaan kami di sini akan sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi ini, apalagi akan disiapkan pelatihan bagi tenaga kependidikan di FIB untuk menjadi tenaga admin mengurusi aplikasi ini. Terima kasih kepada Ibu Mardani memberi kesempatan FIB untuk menjadi fakultas yang pertama kali dilaksanakan sosialisasi hadirnya aplikasi ini di Unhas. Kami sebenarnya hari ini juga barusan selesai di monev oleh Tim Zona Intergritas WBK-WBBM dari Kemenpan RB via aplikasi zoom. Kami mohon doa dari pimpinan Universitas para Alumni dan Mitra Unhas, semoga FIB dalam kesempatan ini mendapat Predikat Sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi," tutup Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unhas Prof Akin Duli.