Muh. Taufik
Muh. Taufik

Jumat, 02 Oktober 2020 21:13

Ini Faktor Penyebab Harga Ikan Cupang dan Janda Bolong Tinggi

Ini Faktor Penyebab Harga Ikan Cupang dan Janda Bolong Tinggi

Hobby yang belakangan menjadi fenomena karena bernilai fantastis adalah budidaya ikan cupang dan tanaman janda bolong

MAKASSAR - Masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dari Maret 2020 di Indonesia, membuat sebagian masyarakat memiliki kebiasaan baru. Salah satunya menekuni hobby baru yang ternyata malah menghasilkan pundi-pundi yang cukup besar. Adapun hobby yang belakangan menjadi fenomena karena bernilai fantastis adalah budidaya ikan cupang dan tanaman janda bolong.

Untuk budidaya ikan cupang misalnya, ada jenis ikan yang dibandrol hingga angka Rp 4 juta per-ekornya. Begitupun dengan tanaman janda bolong yang bahkan menembus harga ratusan juta rupiah.

Ikan cupang yang bernama latin Betta bisa dibanderol dengan harga tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor. Dirangkum dari berbagai sumber, ikan cupang yang bernilai mahal dipengaruhi oleh :

Keunikan Warna
Warna pada cupang harus menarik dan berkilau atau dalam istilah budidaya cupang disebut strong color. Warna terang atau gelap tidak masalah, asalkan warnanya tidak tanggung.

Ekor Cupang
Bentuk ekor ikan ini juga sangat berpengaruh pada nilai jualnya. Bagi mayoritas pecinta cupang, ikan dengan celah yang rapat antara ekor atas dan bawah relatif lebih dicari. Terlebih, jika ekor cupang panjang dan membentuk huruf C.

Layak Kontes
Faktor yang juga sangat memengaruhi harga cupang adalah kelayakan ikan untuk ikut kontes. Kelayakan cupang bisa dilihat dari genetiknya, baru atau jenis lama.

Sementara, untuk tanaman janda bolong, di pasaran saat ini kisaran harganya berada di range Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per tanaman. Meski begitu, disebut-sebut seorang warga di Bogor berhasil menjual tanaman ini seharga Rp 120 juta kepada warga negara Jepang. Sejumlah faktor menjadi penentu harga tanaman bernama latin Monstera Adansonii Variegata ini, antara lain :

Kombinasi Warna dan Bentuk Daun
Salah satu yang menarik dari tanaman ini adalah kombinasi warna daunnya yang berpadu putih dan hijau. Tak kalah penting adalah ciri khas dari tanaman ini yang memiliki lubang-lubang. Semakin bagus perpaduan warna dan bentuk lubangnya, maka semakin tinggi harganya.

Kondisi Akar
Bagi para pencinta tanaman hias, akar merupakan bagian terpenting yang menentukan kualitas tanaman. Begitupun dengan janda bolong, kondisi akar yang baik akan sangat berpengaruh pada harga tanaman ini.

Jumlah Daun
Tak hanya bentuk dan warna, jumlah helai daun pada tanaman janda bolong juga menjadi patokan untuk menentukan harganya. Jika ukurannya sudah cukup besar, tanaman ini akan dihargai per helai daunnya.

Nah, jika anda tertarik melakukan hobby yang bernilai ekonomis tinggi, bisa memilih antara keduanya, budidaya ikan cupang atau menanam janda bolong

#janda bolong #ikan cupang