Aswad Syam
Aswad Syam

Kamis, 30 Juli 2020 12:35

Kakbah di Masjidilharam.
Kakbah di Masjidilharam.

Hanya 10 Ribu Jemaah Haji, 13 Orang WNI

Kuota haji tahun ini dibatasi Pemerintah Arab Saudi. Cuma 10 ribu orang. Ada 13 WNI.

JAKARTA, BUKAMATA - pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah jemaah haji tahun ini hingga 10 ribu. Dari angka itu, ada 13 warga negara Indonesia (WNI). 

Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag) Oman Fathurrahman, membenarkan ada 13 WNI yang menunaikan ibadah haji tahun ini. Dia bilang, 13 WNI yang berhaji itu tidak berangkat dari Indonesia. Melainkan mereka yang kesehariannya bekerja di Arab Saudi.

"Ya tidak (berangkat dari Indonesia), mereka tinggal di sana (Arab Saudi). Kan tidak bisa, tidak ada yang berangkat dari Indonesia. Semuanya yang di sana (berhaji) itu mereka yang memang mereka yang tinggal di sana," ucapnya.

Menurutnya, para WNI di Arab Saudi itu bekerja sebagai guru hingga perawat.

"Iya (statusnya) WNI, kan ada yang sebagai guru di sekolah di Riyadh, kemudian ada yang perawat, itu semuanya yang ada di sana (tinggal di Arab Saudi). Bukan yang dari luar. Memang kesehariannya di sana, sebagai mukimin istilahnya (orang yang bermukim di Mekah)," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama RI menyatakan tidak ada WNI yang berhaji tahun ini. Keputusan itu diambil akibat pandemi Covid-19.

#Haji 2020 #Ibadah haji 2021

Berita Populer