Redaksi
Redaksi

Senin, 06 Juli 2020 12:02

AKP Muhammad Mukhtari
AKP Muhammad Mukhtari

New Normal, Warga Luwu Pemohon SIM Internasional Tak Perlu Datang ke Satpas

Bagi pemohon SIM Internasional, tak perlu ke Satpas. Cukup kunjungi situs Korlantas Mabes Polri.

LUWU, BUKAMATA - Kabar gembira untuk elemen masyarakat Luwu. Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM Internasional di masa New Normal saat ini, pihak Korlantas Polri mempermudah pembuatan SIM Internasional.

Kini, Korlantas Polri menyediakan layanan bagi para pemohon untuk membuat SIM internasional tanpa perlu hadir ke Satpas.

"Korlantas Polri melakukan adaptasi tatanan kehidupan baru atau new normal tanpa kehadiran pemohon ke Satpas," kata Kasat Lantas Polres Luwu AKP Muhammadi Mukhtari, Senin (6/7/2020).

Menurut dia, pemohon SIM internasional yang menggunakan layanan ini akan mendapatkan buku SIM internasional yang dikirim ke alamat rumah pemohon melalui jasa pengiriman.

AKP Mukhtari menjelaskan, pemohon dapat menggunakan layanan ini dengan membuka situs registrasi SIM Internasional Korlantas Polri.

"Pemohon mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM internasional melalui browser di handphone atau komputer," kata mantan Kasat Lantas Polres Bulukumba ini.

Dia menjelaskan, sebagai salah satu respons cepat Polri dalam mendukung upaya Pemerintah mengatasi wabah Covid-19 dan menuju tatanan New Normal, Korlantas Polri membuat inovasi yang memudahkan masyarakat dalam Penerbitan SIM Internasional.

"Aplikasi terbaru ini akan memudahkan masyarakat tanpa perlu datang ke kantor Satpas. Cukup dengan mengikuti tahapan tahapan dalam aplikasi ini dan akan dikirim melalui jasa pengiriman ke rumah pemohon SIM Internasional," kata Mukhtari.

Setelah situs terakses, pemohon dapat melakukan registrasi secara online dengan melakukan pengisian data diri. Lalu pemohon diminta mengupload foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto paspor, foto KITAP khusus WNA, foto diri dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.

Selanjutnya pilih cara pengambilan SIM Internasional. Pengambilan dapat diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman.

Setelah semua data terisi lengkap, kata AKP Muhammadi Mukhtari, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional plus tarif jasa pengiriman.

"Jadi pembayaran secara nontunai, bisa melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), M-Banking, Internet Banking maupun setor tunai pada Bank, selanjutnya bukti pembayaran akan dikirim melalui email," lanjutnya.

Setelah pemohon melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM Internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik, kemudian petugas akan melakukan Verifikasi dan Validasi data pemohon serta melakukan Indentifikasi data.

"Jika persyaratan lengkap dan sesuai maka petugas akan melakukan pencetakan Buku SIM Internasional, kemudian melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon," tandas perwira tiga balok di pundaknya ini.

Diketahui, bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin berkendara di luar negeri, maka wajib hukumnya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional atau International Driving Permit (IDP).

#SIM #LUwu