Ibnu Kasir
Ibnu Kasir

Minggu, 05 Juli 2020 10:43

Tips Kembalikan Foto Terhapus di Android

Tips Kembalikan Foto Terhapus di Android

Hampir dapat dipastikan, smartphone sekaligus menjadi perangkat penyimpanan foto penggunanya.

BUKAMATA - Smartphone Android telah menjadi salah satu perangkat andalan untuk keperluan mengambil foto.

Untuk itu, hampir dapat dipastikan, smartphone sekaligus menjadi perangkat penyimpanan foto penggunanya. Namun kadang kala karena beberapa faktor, foto-foto itu dapat terhapus dari perangkatmu.

Hal semacam ini tentu dapat membuat frustrasi, terlebih jika itu foto yang menyimpan kenangan. Nah untuk itu, dilansitr Liputan6, berikut tips singkat mengembalikan foto yang terhapus di smartphone Android.

1. Mengembalikan Foto yang Terhapus dari Layanan Cloud

Tidak jarang, pengguna smartphone Android saat ini selalu mencadangkan foto miliknya ke sejumlah layanan cloud, mulai dari Dropbox, Google Photos, atau OneDrive.

Meski sudah ada di cloud, terkadang kamu memutuskan menghapus beberapa foto, tapi setelahnya ingin membatalkannya dan mengembalikannya. Beruntung, beberapa layanan cloud sebenarnya menawarkan opsi untuk mengembalikan data tersebut.

Jadi, foto-foto yang dihapus dari sejumlah layanan cloud itu biasanya tidak langsung dihapus, melainkan masuk di kotak sampah (Trash). Kamu bisa mengembalikan foto yang sudah dihapus dengan mengaksesnya dari menu tersebut.

2. Memulihkan Foto yang Terhapus dari Micro SD

Selain penyimpanan di cloud, pengguna smartphone Android biasanya juga memanfaatkan memori eksternal, seperti MicroSD untuk menyimpan foto. Untuk memulihkan foto dari MicroSD, kamu memang perlu menyiapkan beberapa hal.

Salah satunya adalah software pihak ketiga yang biasanya digunakan untuk memulihkan data. Lalu, komputer atau laptop untuk melakukannya.

Apabila keduanya sudah terpenuhi, kamu tinggal melakukan pemulihan data. Namun perlu diingat, apabila fotomu terenksripsi atau sudah diganti dengan data lain, proses pengembalian data sulit dilakukan.

3. Foto Tersimpan di Memori Interal Smartphone

Untuk kasus foto yang tersimpan dan terhapus di memori internal smartphone Android, cara untuk memulihkannya sebenarnya sulit dilakukan. Kalaupun mungkin, cara yang dapat dilakukan adalah melakukan root.

Namun dengan melakukan root, seluruh data yang ada perangkatmu berisiko terhapus. Selain itu, kemungkinan foto yang tadinya terhapus ditimpa dengan data lain semakin besar, sehingga membuatnya benar-benar hilang.

Di samping itu, ada kemungkinan data foto yang tersimpan corrupt, sehingga tidak bisa dipulihkan. Karenanya, cara ini tidak disarankan dan lebih baik lakukan antisipasi dengan menyimpan foto di layanan cloud maupun memori eksternal.

#Smartphone #foto