Ulfa
Ulfa

Selasa, 30 Juni 2020 00:41

Irman Yasin Limpo saat mengikuti tahapan wawancara di Golkar. IST
Irman Yasin Limpo saat mengikuti tahapan wawancara di Golkar. IST

Usung None di Makassar, Ini Jagoan Golkar di 12 Daerah di Sulsel

Partai Golkar resmi meninggalkan Moh Ramdhan Pomanto yang sebelumnya telah mengantongi surat tugas. Golkar mengalihkan dukungan final mereka ke Irman Yasin Limpo alias None.

MAKASSAR - Teka-teki usungan Partai Golkar di pilkada 12 kabupaten/kota di Sulsel akhirnya menemui titik terang. Hal itu diputuskan dalam rapat pleno Tim Pilkada Pusat Partai Golkar yang digelar di Kantor DPP Golkar di Jakarta, Senin (29/6/2020) malam.

Rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Didampingi Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu dan Badan Saksi Nasional (BSN), Nurdin Halid.

Hasilnya, kandidat usungan Golkar di Pilkada serentak 2020 di seluruh Indonesia telah diputuskan. Termasuk di 12 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di Sulsel.

Kejutan terjadi untuk Pilwali Makassar. Partai berlambang beringin itu resmi meninggalkan Moh Ramdhan Pomanto yang sebelumnya telah mengantongi surat tugas. Golkar mengalihkan dukungan final mereka ke Irman Yasin Limpo alias None.

Golkar juga memastikan arah dukungannya di Pilkada Gowa. Mereka memilih mengusung duet petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio.

Golkar bergabung dengan koalisi besar parpol pengusung Adnan-Kio. Masing-masing PPP, NasDem, PKB, Perindo, PAN dan PDIP. Hal ini juga sekaligus membantah isu jika Golkar ingin membentuk poros koalisi baru di Gowa.

"Seluruh kader Golkar harus bersatu dan harus kompak melaksanakan keputusan DPP Partai Golkar ini," tegas Nurdin Halid yang juga Pelaksana Tugas (Plt) ketua DPD I Golkar Sulsel itu.

Berikut ini usungan Partai Golkar di 12 daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020 di Sulsel:

1. Bulukumba: Andi Hamzah Pangki-Andi Murniaty Makking
2. Selayar: Muh Basli Ali-Saiful Arif
3. Maros: Andi Tajerimin Nur-Havid S Pasha
4. Pangkep: Andi Ilham Zainuddin-Rismayani Syamsuddin
5. Barru: Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum
6. Soppeng: Andi Kaswadi Razak
7. Tana Toraja: Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara
8. Toraja Utara: Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong
9. Luwu Timur: HM Thoriq Husler-Budiman Hakim
10. Luwu Utara: Indah Putri Indriani-Suaib Mansur
11. Gowa: Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio
12. Makassar: Irman Yasin Limpo

Penulis : Rizal
#Irman Yasin Limpo #Pilwalkot Makassar #Pilkada Serentak #Golkar