Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 15 Juni 2020 17:42

Mahfud MD. IST
Mahfud MD. IST

Penyerang Novel Baswedan Dituntut 1 Tahun Bui, Mahfud MD Bilang Begini

Mahfud MD menilai kejaksaan pasti memiliki alasan hukum yang bisa dipertanggungjawabkan.

BUKAMATA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menanggapi tuntutan jaksa untuk dua penyiram air keras penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Mahfud MD tidak mau berkomentar banyak terkait tuntutan 1 tahun penjara terhadap Brigadir Rahmat Kadir dan Brigadir Ronny Bugis.

Menurutnya, kasus tersebut adalah urusan kejaksaan. "Iya itu urusan kejaksaan, saya tidak boleh ikut urusan pengadilan," kata Mahfud MD, Senin (15/6/2020).

Mahfud MD menegaskan dirinya merupakan menteri koordinator. Sehingga, dia tidak bisa melakukan intervensi seperti menteri eksekutor.

"Saya ini koordinator, menteri koordinator, bukan menteri eksekutor. Jadi itu biar kejaksaan," ungkapnya.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menilai kejaksaan pasti memiliki alasan hukum yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Itu ada alasan-alasan hukum yang tentu bisa mereka pertanggungjawabkan sendiri," kata Mahfud dilansir Kumparan.

Sebelumnya, jaksa menyatakan tuntutan ringan itu lantaran keduanya sudah meminta maaf, menyesal, kooperatif, serta telah mengabdi sebagai anggota Polri selama 10 tahun.

"Hal-hal yang memberatkan, terdakwa telah menciderai institusi Polri. Hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, mengakui perbuatan, bersikap kooperatif dan mengabdi sebagai anggota Polri selama 10 tahun," kata jaksa Ahmad Patoni dalam sidang pada Kamis (11/6).

 

#Novel Baswedan #Mahfud MD

Berita Populer