Redaksi
Redaksi

Sabtu, 16 Mei 2020 11:46

ilustrasi
ilustrasi

Senin Kepastiannya, Makassar Gelar Salat Id Berjemaah di Masjid atau Tidak

Pelaksanaan salat id di Makassar, masih menunggu keputusan tim gugus. Senin, 18 Mei rencana diumumkan, apakah digelar di masjid ataukah di rumah masing-masing.

MAKASSAR, BUKAMATA - Tiga daerah memutuskan akan menyelenggarakan salat id berjemaah di masjid atau tanah lapang pada 24 Mei 2020. Ketiga daerah itu, Pinrang, Sidrap dan Selayar. Bagaimana dengan Makassar?

Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, keputusannya baru akan diumumkan Senin, 18 Mei 2020. Alasannya, pihaknya baru akan mendengar masukan dari ahli pandemi, juga akan menggelar pertemuan dengan ormas seperti MUI, dewan masjid, NU, Muhammadiyah untuk mendiskusikannya.

Yusran bilang, setelah dibahas bersama para pakar dan pihak terkait, hasilnya akan dirapatkan kembali dengan Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sulsel.

"Hari Senin diputuskan Gugus Tugas Covid-19," ungkapnya.

Kalaupun nanti digelar di masjid dan tanah lapang, pelaksanaannya kata Yusran, tetap harus mengikuti protokol kesehatan sesuai standar WHO untuk penanganan Covid-19. Jemaah salat diminta menggunakan masker, menjaga jarak. Nanti kata dia, ada tim khusus dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang mengawal ibadah tersebut.

"Ada petugas khusus dari tim gugus tugas mengawal panitia pelaksana Salat Ied," ujarnya.

Pelaksanaan khutbah id dibatasi hanya 15 menit, dan nantinya juga tidak ada agenda open house.

#Salat Berjamaah #Salat Ied