Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 31 Maret 2020 19:21

ILUSTRASI.
ILUSTRASI.

Tanpa Social Distance, Covid-19 Bisa Menewaskan 40 Juta Penduduk Bumi

Para peneliti dari Imperial College di London mengatakan, tanpa social distance, Covid-19 bisa menewaskan 40 juta orang tahun ini.

BUKAMATA - Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan melakukan social distance dapat menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit Corona (COVID-19).

Para peneliti dari Imperial College di London mengatakan, tanpa social distance (pembatasan sosial), Covid-19 bisa menewaskan 40 juta orang tahun ini.

Dalam sebuah riset yang dilakukan, virus corona dapat membunuh sebanyak 20 juta orang di seluruh dunia tahun ini.

Model matematika yang dikembangkan para peneliti mengindikasikan, bahwa jika tidak ada social distance, penyakit ini dapat membunuh sebanyak 40 juta orang di seluruh dunia. Tetapi ini dapat dikurangi setengahnya jika orang memotong pertemuan sosial mereka sebesar 40 persen dan masyarakat yang berusia lanjut mengurangi interaksi mereka hingga 60 persen.

Mereka juga mengatakan bahwa, langkah-langkah yang lebih agresif juga dapat mengurangi banyak korban memperingatkan bahwa "semua pemerintah" harus menghadapi "keputusan yang berani" dalam beberapa minggu dan bulan mendatang tentang kapan dan seberapa agresif mereka harus memaksakan social distancing, dan berapa lama mereka mampu langkah-langkah ini.

Mereka menghitung bahwa jika social distance yang lebih intensif dan berskala luas diterapkan lebih awal dan berkelanjutan dengan memotong 75 persen dari tingkat kontak antarpribadi, itu bisa menyelamatkan 38,7 juta jiwa.

Dalam studi mereka yang dipublikasikan Jumat (27/3), peneliti memasukkan sejumlah skenario, seperti apa yang akan terjadi jika dunia tidak mengambil tindakan untuk menghentikan virus corona. Social distance yang intensif, bisa mengurangi jumlah korban yang timbul akibat kegagalan sistem kesehatan.

Dilansir South China Morning Post, Studi tersebut mengatakan bahwa social distance intensif kemungkinan memiliki dampak terbesar ketika diterapkan lebih awal dan perlu dipertahankan dengan batas waktu tertentu sampai vaksin atau penyembuhan yang efektif tersedia.

"Satu-satunya pendekatan yang dapat mencegah kegagalan sistem kesehatan dalam beberapa bulan mendatang kemungkinan adalah langkah-langkah jarak sosial intensif yang saat ini sedang dilaksanakan di banyak negara yang paling terkena dampak," kata studi tersebut.

“Intervensi ini mungkin perlu dipertahankan pada tingkat tertentu bersamaan dengan tingkat pengawasan yang tinggi dan isolasi kasus yang cepat,” lanjutnya.

 

#Virus Corona