Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 31 Maret 2020 21:02

Warga menolak pemakaman jenazah PDP di lokasi Pemakaman Pannara, Selasa (31/3/2020).
Warga menolak pemakaman jenazah PDP di lokasi Pemakaman Pannara, Selasa (31/3/2020).

Mulai Besok, Pasien Corona yang Meninggal Akan Dimakamkan di Sudiang

Pemerintah menyiapkan lahan khusus bagi pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Sudiang, Makassar.

MAKASSAR - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel bergerak cepat menyiapkan lahan khusus untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kembali aksi penolakan warga sekitar jika ada jenazah pasien virus corona yang akan dikebumikan.

"Kita sudah uruskan. Sementara sedang disiapkan lahan pekuburan di Sudiang. Dari laporan yang kami terima, besok (Rabu, 1/4/2020) itu sudah bisa kita gunakan atau manfaatkan. Memang selama ini pelayanan belum sempurna, karena baru sementara disiapkan pemakaman secara isolasi itu," kata Ketua Satgas Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Sulsel yang juga Kakesdam XIV/Hasanuddin Kolonel Ckm dr. Soni Endro Cahyo Wicaksono, saat video conference, Selasa (31/3/2020) malam.

Dengan demikian, kata Soni, selanjutnya jika ada pasien yang dinyatakan meninggal dunia maka akan langsung diproses jenazahnya kemudian dibawa untuk dikebumikan di area pekuburan yang dimaksud.

"Kalau dari rumah sakit langsung kita makamkan disitu. Jadi tidak lagi tercampur dengan yang lainnya. Diharapkan juga tidak ada lagi masyarakat yang melakukan protes," harap Soni.

Menurutnya, adanya masyarakat yang protes dan menolak jenazah pasien Covid-19 dimakamkan disekitar lingkungannya disebabkan karena edukasi dan sosialisasi yang belum merata.

"Proses penolakan itu karena masyarakat belum paham. Nanti kita akan selesaikan dengan edukasi dan penyuluhan secara merata. Mereka nanti akan mengerti dan tidak akan terjadi lagi penolakan itu. Ini tugas kita bersama," demikian Soni.

Penulis : Rizal
#Virus Corona #Penolakan Jenazah