Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Minggu, 29 Maret 2020 09:27

IST.
IST.

Perusahaan AS Luncurkan Alat Tes Covid-19, 5 Menit Sudah Selesai

Hasil pengetesan infeksi virus corona bisa diketahui hanya dalam lima menit.

BUKAMATA - Abbott Laboratories, sebuah perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat (AS) meluncurkan alat tes portabel yang dapat mengetahui seseorang positif virus corona (Covid-19) dalam waktu lima menit. 

Alat tes ini diklaim sudah disetujui untuk penggunaan darurat di Amerika Serikat oleh Food and Drug Administration (FDA) semalam.

Tes ini menggunakan platform kecil ID portable Abbott, dan tidak harus dikirim ke lab pusat untuk dianalisis. Sebagai gantinya, hal itu dapat dilakukan secara langsung di ruang gawat darurat atau klinik perawatan darurat, yang dapat mengurangi waktu tunggu selama berhari-hari beberapa pasien sekarang menghadapi untuk hasil tes.

Dokter dapat mengambil swab dari hidung atau tenggorokan pasien dan memasukkannya langsung ke mesin, dan mendapatkan hasil dalam waktu 15 menit (bisa memakan waktu hingga 13 menit jika sampel negatif untuk virus).

“Dengan pengujian cepat pada ID NOW penyedia layanan kesehatan dapat melakukan pengujian molekuler di luar empat dinding tradisional rumah sakit di hotspot wabah,” kata Robert B. Ford, Presiden dan Chief Operating Officer Abbott.

Ini adalah tes perawatan kedua untuk COVID-19 yang disetujui oleh FDA. Yang pertama, dari perusahaan bioteknologi Cephid, membutuhkan waktu 45 menit. Tes itu terutama ditujukan untuk ruang gawat darurat dan rumah sakit, bukan untuk kantor dokter atau klinik perawatan darurat.

Tes yang bisa memberi jawaban ke dokter dengan cepat sangat penting selama wabah penyakit, karena dapat membantu mereka mengetahui berapa banyak peralatan pelindung yang harus mereka pakai ketika mereka berinteraksi dengan pasien, ke mana di rumah sakit untuk mengirim mereka, dan perawatan seperti apa yang harus disediakan.

Tes yang dilakukan di kantor dokter juga dapat membantu mendiagnosis pasien dengan kasus COVID-19 ringan atau tanpa gejala, dan membantu menghentikan mereka dari penyebaran virus tanpa diketahui.

Tes Abbott bekerja secara berbeda dari jenis tes yang telah menjadi standar di AS selama pandemi. Biasanya, sampel pasien dikirim ke laboratorium sehingga dapat diproses menggunakan metode yang disebut PCR, yang mencari potongan kecil materi genetik coronavirus.

Agar PCR berfungsi, sampel harus berulang kali didaur ulang menjadi panas tinggi dan kemudian kembali turun. Tes Abbott juga mencari bahan genetik virus, tetapi ia bekerja pada satu suhu tunggal. Itulah mengapa perangkat yang digunakan dapat menjadi sangat kecil -tidak memerlukan banyak energi.

Abbott mengatakan pihaknya berencana untuk mulai mengirim 50.000 ID NOW COVID-19 tes sehari mulai minggu depan.

AS berjuang untuk meningkatkan pengujian untuk virus corona, yang merupakan salah satu alasan sistem kesehatan masyarakat tidak dapat menahan virus sebelum jumlah kasus mulai naik.

Laboratorium komersial dan negara kini menjalankan lebih dari 100.000 tes per hari, tetapi AS masih menjalankan lebih sedikit tes per kapita daripada banyak negara lain.

Presiden Donald Trump berjanji bahwa akan mudah untuk mengakses situs pengujian drive-through di tempat parkir di seluruh negeri, tetapi tidak ada cukup tes yang tersedia untuk menempatkan jenis sistem itu pada tempatnya.

#Virus Corona