Aswad Syam
Aswad Syam

Jumat, 27 Maret 2020 16:00

Raja Salman.
Raja Salman.

42 Jemaah Umrah Indonesia Terjebak di Arab Saudi

Sebanyak 42 jemaah umrah asal Indonesia terjebak lockdown di Arab Saudi. Pemerintah Saudi meminta Pemerintah RI segera menjemput jemaahnya.

MEKAH, BUKAMATA - Sebuah surat berlogo dua pedang menyilang tiba ke tangan Pemerintah RI. Pengirimnya, Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia. Isinya, meminta pemerintah RI menjemput 42 jemaah umrahnya yang tertinggal di Arab Saudi.

Mereka terdampak kebijakan lockdown yang diterapkan Arab Saudi sejak 15 Maret 2020. Surat itu tertanggal 24 Maret 2020. Dalam surat itu, Arab Saudi berjanji akan membebaskan implikasi hukum dan denda overstay terhadap 42 jemaah umrah itu.

“Mengingat situasi saat ini dan penutupan penerbangan di sejumlah negara asal para jemaah umrah serta penerapan sejumlah negara persyaratan kesehatan sebelum menerima kembali kedatangan para warganya yang berumrah, Kedubes dengan hormat memohon Kemenlu RI untuk dapat memfasilitasi kepulangan para jemaah umrah Indonesia tahun 1441H,” demikian bunyi petikan surat itu.

Kedubes Arab Saudi juga menyampaikan, bahwa mereka telah dibebaskan dari segala implikasi hukum, denda yang ditentukan, dan dari perekaman sidik jari. Serta dimohon untuk menyediakan moda transportasi mereka kembali ke Indonesia.

Raja Salman juga sudah memberlakukan jam malam di negaranya, mengingat virus corona yang merebak.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan adanya surat itu.

Faizasyah bilang, pemerintah memahami permintaan penjemputan jemaah umrah termasuk memahami batasan waktu jemaah umrah yang harus dijemput, yakni yang umrah sejak 1 Muharam 1441.

Faizasyah kemudian mengingatkan mereka yang akan pulang, segera mendaftar secara online ke pihak Saudi.

“Mereka yang akan pulang ke Indonesia perlu mendaftar secaraonline ke pihak Saudi,” kata Faizasyah.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengungkap, pihaknya telah mendorong penyelenggara umrah untuk mendata jemaah yang masih tertinggal di Saudi untuk segera lapor melalui situs https://eservices.haj.gov.sa untuk mendapat fasilitas kepulangan ke Indonesian usai lockdown. Pendataan ditutup 28 Maret 2020 besok.

#Raja Salman #Cegah Corona

Berita Populer