Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Kamis, 19 Maret 2020 00:55

Gubernur Sulsel, Nordin Abdullah. IST
Gubernur Sulsel, Nordin Abdullah. IST

Ijtima Dunia di Gowa Dibatalkan, Gubernur Sulsel: Kita Akan Antar Pulang Jemaah

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah membenarkan pembatalan Acara tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa.

MAKASSAR - Acara tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang akan digelar di Pakkatto, Kabupaten Gowa, akhirnya resmi dibatalkan.

Pembatalan tersebut dilakukan setelah pihak Polri, Polda Sulsel, Polres Gowa dan Pemkab Gowa menemui kata sepakat dengan pihak panitia inti acara tersebut. Kesepakatan dicapai melalui proses pendekatan persuasif dan lobi yang cukup alot.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah membenarkan pembatalan tersebut melalui postingan di akun Instagram pribadinya, Kamis (19/3/2020), sesaat lalu.

"Setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa sepanjang malam ini, acara Ijtima Jamaah Tabligh yang akan berlangsung besok resmi kita batalkan," tulis Nurdin Abdullah.

"Sebelum acara dijadwalkan berlangsung, kami telah berkoordinasi dengan Bupati Gowa dan Kapolda Sulsel agar acara tersebut ditunda pelaksanaannya terkait merebaknya virus Covid19 di tanah air, namun ternyata panitia lokal tetap melaksanakan acaranya sehingga ribuan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia dan ratusan dari luar negeri terlanjur hadir melalui pelabuhan dan bandara," tambahnya.

Saat ini, kata Nurdin Abdullah, para peserta yang telah berada di lokasi kegiatan diisolasi dengan ketat. Mereka tak diperbolehkan untuk melakukan kontak dengan warga setempat.

"Untuk meminimalisir interaksi para peserta dengan warga di sekitar lokasi acara, kami telah meminta pihak Kepolisian untuk mengisolasi atau membatasi ruang gerak para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga, selanjutnya kita akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan," lanjut Nurdin Abdullah.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini, kami berkomitmen untuk menjaga seluruh warga dari kemungkinan penularan virus Covid-19 lebih meluas," tutupnya.

Acara tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia sendiri sebelumnya dijadwalkan akan digelar pada 19-22 Maret. Sebanyak 8.000 jemaah tabligh dikabarkan sudah berkumpul di Kabupaten Gowa sejak Rabu (18/3/2020). Diantara mereka ada sekitar 478 warga negara asing yang berasal dari 48 negara.

Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) inilah yang menjadi sorotan publik. Sebab, acara yang tak mengantongi izin tersebut tetap direncanakan digelar ditengah upaya pemerintah menerapkan social distancing guna mencegah penyebaran virus corona.

 

Penulis : Rizal
#Jemaah Tabligh #Ijtima Dunia #Gowa