Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Kamis, 19 Maret 2020 00:33

Bupati Gowa: Ijtima Ulama Dunia Resmi Dibatalkan

Bupati Gowa: Ijtima Ulama Dunia Resmi Dibatalkan

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebut acara jemaah tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa akhirnya resmi dibatalkan.

MAKASSAR - Setelah melalui proses pendekatan persuasif dan lobi yang alot, acara tabligh Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa akhirnya resmi dibatalkan.

Kepastian pembatalan tersebut disampaikan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan lewat postingan di akun Instagram pribadinya, Kamis (19/3/2020), sesaat lalu.

"Alhamdulillah, akhirnya sepakat Ijtima dunia ditunda/dibatalkan pelaksanaannya. Tidak henti2nya Kami melakukan komunikasi dan koordinasi dgn pihak panitia inti, sampai Pak Dandim dan Pak Kapolres tidak pulang2 terus melakukan lobby," tulis Adnan sembari mengunggah foto dirinya sedang melakukan komunikasi melalui video call dengan salah seorang panitia inti acara tersebut.

Selanjutnya, kata Adnan, para peserta tabligh yang terlanjur sudah berada di lokasi acara akan dipulangkan ke daerah dan negaranya masing-masing secara bertahap.

"Kita juga sepakat untuk mengisolasi sementara mereka di lokasi, sampai menyusun jadwal kepulangan masing2.. Pemda tadi pagi sdh mengirim tim kesehatan untuk memeriksa dan melakukan penyemprotan disinfectan, Insya Allah besok Kami lanjutkan lagi.. Semoga kita semua selalu dlm lindungan Allah SWT. Aamiin," demikian Adnan.

Acara Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia yang rencananya akan digelar di Pakkatto, Kabupaten Gowa, 19-22 Maret itu sempat heboh dan menjadi perhatian nasional. Pasalnya, sekitar 8.000 jemaah tabligh dikabarkan sudah berkumpul di Kabupaten Gowa sejak Rabu (18/3/2020). Diantara mereka ada sekitar 478 warga negara asing yang berasal dari 48 negara.

Acara ini pun tidak mendapatkan izin baik dari Pemerintah Kabupaten Gowa maupun dari aparat kepolisian. Pasalnya, pemerintah Indonesia sedang dalam status siaga menghadapi ancaman virus corona (Covid-19).

Penulis : Rizal
#Jemaah Tabligh #Gowa