Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Sabtu, 29 Februari 2020 11:13

Polda Sultra Pantau Harga Sembako di Pasar Kendari

Polda Sultra Pantau Harga Sembako di Pasar Kendari

Harga kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan. Hal itu membuat Polda Sulawesi Tenggara melakukan pemantauan harga-harga sembako di sejumlah pasar yang ada di Kota Kendari

KENDARI - Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut serta melakukan pemantauan harga-harga sembako di sejumlah pasar yang ada di Kota Kendari, pada Jumat (28/2/2020) kemarin.

Pasalnya, beberapa hari terakhir perkembangan harga beberapa kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan. 

“Polda Sultra bersama sejumlah stake holder, punya kewajiban untuk turun di pasar memastikan harga sembako tetap normal,” kata Kasubdit II Dit Intelkam Polda Sultra, Kompol Rafiuddin, usai turun melakukan sidak di sejumlah pasar

Polda Sultra yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sultra dan Satgas Pangan Prov Sultra, juga turun di pasaran untuk memastikan ketersediaan stok sembako dipasaran dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Selain mengecek ketersediaan stok sembako di pasaran, Tim TPID yang dipimpin langsung Pj Sekda Prov Sultra juga langsung turun melakukan sidak dibeberapa distributor.

“Kami juga turun langsung melakukan pemantauan ke distributor di PT. Cinta Damai Insani dan PT. Ade Wirgo Kendari. Kami ingin memastikan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok,” kata Rafiuddin.

Menurutnya, pemantauan yang dilakukan itu guna mengetahui sejauh mana fluktuasi kenaikan harga di tingkat pasar dan distributor, apakah kenaikan sudah pada posisi meresahkan konsumen atau belum.

“Hasil pentauan itu akan menjadi dasar apakah diperlukan operasi pasar atau tidak, tergantung kalau konsumen sudah merasa resah,” tuturnya.

Namun sejauh ini, kata dia, harga sembako di pasaran masih stabil, belum ada pergerakan harga sembako yang sampai pada titik yang meresahkan warga.

“Kita juga kerap mengimbau pedagang agar tidak menaikan harga dengan alasan akan terjadi kelangkaan sembako, karena secara umum dari pantauan kita, ketersediaan sembako masih aman hingga puasa berjalan,” pungkasnya.

#Kendari