Wiwi
Wiwi

Minggu, 20 November 2022 06:58

Kendari dan Manado Jadi Destinasi Wisata Favorit Baru di Indonesia

Kendari dan Manado Jadi Destinasi Wisata Favorit Baru di Indonesia

Di Indonesia, periode libur Natal dan tahun baru (Nataru), bersamaan dengan libur sekolah pada akhir tahun, kerap dimanfaatkan sebagai momen berwisata oleh masyarakat. Hal ini terefleksi dari data pemerintah yang menyebutkan bahwa potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diprediksi akan mencapai 22,4 persen dari total populasi nasional.

BUKAMATA – Hampir satu tahun belakangan ini pariwisata di dunia mulai kembali bergeliat seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 dan pelonggaran aturan bepergian.

Berdasarkan data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) menyebutkan bahwa pariwisata internasional menunjukkan pemulihan yang kuat.

Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional selama periode Januari hingga Juli 2022, dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021 dengan total jumlah 175 juta wisatawan.

Di Indonesia, periode libur Natal dan tahun baru (Nataru), bersamaan dengan libur sekolah pada akhir tahun, kerap dimanfaatkan sebagai momen berwisata oleh masyarakat. Hal ini terefleksi dari data pemerintah yang menyebutkan bahwa potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diprediksi akan mencapai 22,4 persen dari total populasi nasional.

Melonjaknya minat masyarakat untuk berlibur akhir tahun turut mendorong kesuksesan dari gelaran Traveloka Travel Fair 11.11.

Traveloka yang digelar pada 4-11 November 2022 lalu mencatat bahwa minat masyarakat terhadap destinasi domestik maupun internasional terus mengalami pertumbuhan, terutama pada destinasi di Asia Tenggara.

Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan minat masyarakat yang tumbuh sebesar 40% untuk melakukan perjalanan ke destinasi internasional favorit, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia pada periode travel fair ini dibandingkan dengan periode biasa.

Beberapa negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, masih menjadi destinasi favorit konsumen karena menerapkan bebas visa dan memiliki akses yang mudah dengan berbagai pilihan penerbangan langsung.

Namun, sejak kuartal III tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dengan dibukanya perbatasan di kedua negara itu.

Chief Marketing Officer, Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat untuk melakukan perjalanan semakin menguat.

“Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel dimana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk tujuan domestik, konsumen Traveloka juga turut mengincar destinasi internasional,” kata dia dalam keterangannya dilansir Bukamata, Minggu (20/11/22).

Selain itu dari data yang dihimpun dari Traveloka Travel Fair 11.11 menunjukkan bahwa selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruang, melihat atraksi atau mengunjungi taman bermain juga menunjukkan tren positif.

Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience selama periode travel fair ini hingga 24% dibandingkan dengan periode biasa.

Jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung, hingga Universal Studios di Singapura.

Selain destinasi luar negeri yang mengalami lonjakan peminat, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi konsumen Traveloka. Destinasi-destinasi favorit kota besar yang menjadi incaran selama travel fair ini adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta.

Menariknya, promosi yang ditawarkan pihaknya ini juga menunjukkan munculnya minat terhadap destinasi wisata yang baru mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari.

Tidak hanya itu, tren staycation yang marak setelah pandemi juga tetap diminati oleh konsumen Traveloka. Staycation merupakan bentuk wisata singkat di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam kota, maupun di luar kota.

#Manado #Kendari #wisata #liburan