Tim Drumband Corps Makassar Sabet Juara Umum Tingkat Nasional, Danny: Tetap Jaga Prestasi
05 Desember 2024 22:57
Secara garis besar buku ini membahas bagaimana organisasi pemerintah berkinerja dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat dan juga faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi publik di Indonesia.
MAKASSAR, BUKAMATA - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jufri Rahman, kembali menjadi narasumber bedah buku yang berjudul Kinerja Organisasi Publik : Akuntabilitas, Kompetensi, Organisasi, SDM, yang digelar di Aula Politeknik STIA LAN, Selasa, 5 Oktober 2024.
Tak sendiri, Jufri Rahman juga ditemani narasumber lainnya, Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Risma Niswaty, sekaligus penulis buku tersebut Prof Amir Imbaruddin.
Dalam pembahasannya secara singkat, Jufri menyampaikan, buku yang ditulis Prof Amir telah menjadi indikator reformasi birokrasi sebuah institusi, terkhusus waktu dirinya masih di Kemenpan-RB.
"Menurut saya ini semua indikator reformasi birokrasi ada dalam buku ini, yang dimana saya pernah mengawal hal ini di Kemenpan-RB," kata Jufri.
"Akuntabilitas itu menjadi suatu keniscayaan, dalam dunia modern, apalagi di negara-negara yang sedang membangun pelayanan publik," sambungnya.
Lanjut Jufri mengatakan, instansi yang baik dapat diukur dari aspek akuntabilitasnya.
"Kalau mau mengukur suatu organisasi dan instansi baik atau tidaknya, bisa dilihat dari aspek akuntabilitas," ungkapnya.
Dia juga menyatakan, buku ini bisa dipakai dalam segi penelitian mahasiswa yang akan menjadi acuan penulisan skripsi.
"Penelitian ini yang semua memliki unsur pelayanan publik, apapun yang dilakukan ini luar biasa, buku Prof Amir ini bisa menjadi acuan adik-adik mahasiswa/i untuk menulis skripsi nanti," jelasnya.
Kemudian, dia melanjutkan terkait dengan aspek kompetisi. Kompetisi itu penting dan bagus dalam suatu institusi dan telah menjadi tren di zaman sekarang.
Dia juga menyimpulkan, buku ini menjadi tren dalam menilai kualitas pelayanan suatu organisasi atau institusi pelayanan publik.
Sementara itu, penulis buku yang juga Guru Besar STIA LAN, Prof Amir Imbaruddin, menjelaskan, secara garis besar buku ini membahas bagaimana organisasi pemerintah berkinerja dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat dan juga faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi publik di Indonesia. Faktor-Faktor tersebut dikategorikan menjadi internal dan eksternal.
"Faktor Internal mengacu pada struktur organisasi, praktik manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi publik, dan faktor eksternal mengacu pada derajat akuntabilitas birokrasi, akuntabilitas politik, dan tingkat persaingan antar organisasi publik," terangnya.
Lebih jauh, ia menyampaikan, adapun kinerja organisasi pemerintah dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat dikelompokkan. Antara lain, melalui dimensi lingkungan, dimensi sektor publik, dimensi jaringan tugas, dimensi organisasi, terakhir dimensi sumber daya manusia. (*)
05 Desember 2024 22:57
05 Desember 2024 21:47
05 Desember 2024 21:41
05 Desember 2024 21:07
05 Desember 2024 20:55
05 Desember 2024 09:16
05 Desember 2024 07:01
05 Desember 2024 12:17
05 Desember 2024 07:50
05 Desember 2024 09:10