Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Kamis, 11 Juli 2024 16:57

Penjabat Bupati Takalar Setiawan Aswad melakukan pemantauan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat Kabupaten Takalar, Kamis, 11 Juli 2024, di SDN Inpres Lakatong Pulau, Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang.
Penjabat Bupati Takalar Setiawan Aswad melakukan pemantauan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat Kabupaten Takalar, Kamis, 11 Juli 2024, di SDN Inpres Lakatong Pulau, Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang.

Didampingi Bunda PAUD, Pj Bupati Takalar Gelar Monev Pelaksanaan MPLS di SD Lakatong Pulau

Transisi PAUD ke SD penting untuk melibatkan semua pihak, termasuk sekolah, komunitas guru, dan orang tua, agar setiap anak mendapatkan kemudahan dalam bertransisi.

TAKALAR, BUKAMATA – Penjabat Bupati Takalar Setiawan Aswad didampingi Bunda PAUD Sri Astuti Thamrin, melakukan pemantauan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat Kabupaten Takalar, Kamis, 11 Juli 2024, di SDN Inpres Lakatong Pulau, Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang.

Kedatangan mereka disambut dengan Angngaru, sebagai bentuk rasa penghormatan jika ada pejabat yang berkunjung ke wilayah atau daerah. Keduanya langsung menemui siswa fase A yang menjadi target sebagai proses transisi dari PAUD ke SD.

Kedatangan Pj Bupati Takalar Setiawan bersama Bunda PAUD Sri Astuti Thamrin, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Takalar, Darwis, untuk melihat langsung pelaksanaan MPLS memasuki tahun Pelajaran  2024/2025.

Setiawan mengatakan, transisi PAUD ke SD adalah proses perpindahan anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD).

"Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak dapat melanjutkan perkembangan dan pembelajaran mereka dengan lancar dari PAUD ke SD," ujarnya.

Dalam konteks ini, penting untuk melibatkan semua pihak, termasuk sekolah, komunitas guru, dan orang tua, agar setiap anak mendapatkan kemudahan dalam bertransisi.

Hal ini dilakukan agar anak-anak yang telah mengikuti PAUD dapat terus mengembangkan kemampuan pondasi mereka di jenjang SD, dan anak-anak yang belum mengikuti PAUD tetap mendapatkan hak untuk memperoleh pembinaan kemampuan pondasi.

Selain itu, tenaga pendidik juga perlu mempraktikkan pembelajaran secara bertahap sesuai dengan aspek-aspek dari PAUD ke SD. Pemerintah telah menyediakan buklet sebagai panduan bagi dinas pendidikan, satuan pendidikan, orang tua/wali murid, dan masyarakat untuk memperkuat transisi PAUD-SD.

Diakhir pertemuan atau kunjungan, Pj Bupati dan Bunda PAUD melakukan penyerahan bantuan siswa miskin, berupa baju seragam untuk siswa SD Inpres Lakatong Pulau, didampingi masing-masing kedua orangtua. (*)

#Pemkab Takalar #Setiawan Aswad #Sri Astuti Thamrin #Bunda PAUD #MPLS