Redaksi
Redaksi

Sabtu, 15 Juni 2024 17:34

Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.
Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Hari Terakhir Layanan Publik Pembuatan e-KTP di Festival Sulsel Menari

Festival Menari akan berakhir hari ini.

MAKASSAR, BUKAMATANEWS - Festival seni dan budaya Sulsel Menari tidak hanya diisi dengan pertunjukan kesenian yang memukau, tetapi juga menjadi ajang inovasi layanan publik berkat inisiatif Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Arif Zudan Fakrulloh.

Dirjen Dukcapil ini bersama Kepala Disdukcapil, Iqbal Suhaeb, meninjau layanan kependudukan dan pencatatan sipil yang dihadirkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulsel di acara tersebut pada Jumat malam, 14 Juni 2024.

Layanan Administrasi kependudukan terdiri dari pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA), KK, perekaman, dan cetak KTP elektronik. Setiap yang dilayani juga diberikan bibit buah-buahan, seperti durian dan rambutan.

Dalam kunjungan tersebut, Prof Zudan memberikan bibit pohon kepada warga yang mengakses layanan, serta mengingatkan pentingnya pelestarian lingkungan.

"Ini bibit pohon ditanam ya Pak, semoga tumbuh dengan baik," ujar Prof Zudan.

Warga Makassar, Jaswan, menyampaikan kegembiraannya. "Lagi ikut pembuatan KTP, saya dapat informasinya dari medsos. Tadi ketemu Pak Gubernur dan dikasih bibit," katanya.

Sementara itu, warga lain yang sedang mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) untuk buah hatinya merasa terbantu.

"Ini bagus sekali karena mempermudah masyarakat untuk mendapatkan ini, jadi tidak perlu antri lagi ke kantor Capil, anak saya usia 9 tahun," ungkapnya.

Kepala Bidang Fasilitasi Pelayanan Adminduk Disdukcapil Sulsel, Andi Nur Aini menjelaskan bahwa layanan ini akan tersedia hingga penutupan festival pada tanggal 15 Juni.

"Pencetakan KTP bisa diselesaikan dalam waktu dua menit dengan data lengkap. Kami juga menyediakan perekaman untuk KTP baru dan langsung cetak, termasuk penggantian untuk KTP yang rusak atau hilang," jelas Andi.

Ia menuturkan, yang banyak dilayani perekaman adalah pemilih pemula, yang baru lulus SMA dan masuk perguruan tinggi karena KTP elektronik menjadi persyaratan pendaftaran ulang masuk perguruan tinggi.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 300 warga yang memanfaatkan layanan ini, sesuai dengan harapan Prof Zudan agar setiap warga memiliki identitas resmi sebagai warga Indonesia.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Makassar, Meliana Sumrianah, menambahkan, pihaknya berharap masyarakat sadar akan administrasi kependudukan. Identitas kependudukan digital dapat diakses di kantor camat masing-masing atau di Kantor Dinas Catatan Sipil di Jalan Sultan Alaudin, yang dibuka juga untuk weekend service, Sabtu-Minggu dari pukul 08.00 - 12.00 WITA. (*)

#Pemprov Sulsel #Perekaman E-KTP #Prof Zudan Arif Fakrulloh #Pj Gubernur Sulsel

Berita Populer