Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 04 Mei 2024 21:45

Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad menerima audiensi Dirjen Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu, 4 Mei 2024.
Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad menerima audiensi Dirjen Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu, 4 Mei 2024.

Dihadiri Menteri Abdul Halim Iskandar, Rakor Penyelenggaraan Transmigrasi se Indonesia Dipusatkan di Makassar

Di Sulsel, pengembangan kawasan transmigrasi sudah sangat baik karena sudah banyak kawasan transmigrasi yang tumbuh dan beberapa wilayah trans juga telah menjadi pusat-pusat pertumbuhan.

MAKASSAR, BUKAMATA – Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Transmigrasi, yang akan digelar 6 – 7 Mei 2024, dipusatkan di Kota Makassar, Sulsel. Rakor ini akan dibuka secara langsung oleh Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Hal tersebut terungkap saat Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad menerima audiensi Dirjen Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu, 4 Mei 2024. Kunjungan Dirjen Transmigrasi ini untuk bersilaturahmi dengan pemerintah provinsi sekaligus menyampaikan rencana kegiatan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di Kota Makassar.

"Kita pertemuan silaturahmi sekaligus tadi disampaikan terkait rencana kegiatan Rapat Koordinasi Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi di Makassar," ucapnya.

Sementara itu, Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe, menjelaskan, rakor ini mengundang semua Satuan Kerja (Satker) yang membidangi transmigrasi dari seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut akan digelar pada Senin hingga Selasa, 6-7 Mei pekan depan.

"Kita akan membahas beberapa (agenda) tematik yah, misalnya, tematik tentang pengembangan kawasan transmigrasi, tematik dengan penjaringan program untuk tahun anggaran berikutnya, tematik dengan permasalahan-permasalahan pertanahan transmigrasi," jelasnya.

Forum ini, lanjutnya, setiap tahunnya dilaksanakan terkait dengan penyelenggaraan transmigrasi, mulai dari perencanaan, pembangunan, dan pengembangan kawasan transmigrasi di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Danton menyebut untuk di Sulsel pengembangan kawasan transmigrasi di Sulawesi Selatan sudah sangat baik karena sudah banyak kawasan transmigrasi yang tumbuh dan beberapa wilayah trans di Sulsel juga telah menjadi pusat-pusat pertumbuhan.

"Jadi yang perlu kita tekankan itu kan, bagaimana nanti untuk memenuhi target RPJMN (Rencana Program Jangka Menengah Nasional) kedepannya. Bagaimana kita mengoptimalkan koordinasi dan integrasi penyelenggaraan transmigrasi. Penyelenggaraan transmigrasi kan di kerjakan oleh kementerian pusat ya, dikerjakan Provinsi, dikerjakan kabupaten, gak bisa sendiri-sendiri kuncinya disitu, kolaborasi," ungkapnya.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Transmigrasi ini rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pada Senin pekan depan. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Muhammad Arsjad #Rakor Transmigrasi se Indonesia #Abdul Halim Iskandar

Berita Populer