Wiwi
Wiwi

Minggu, 21 April 2024 15:47

Jajal Peluang Investasi BUMN, Erick Thohir BaKal Roadshow ke Qatar

Jajal Peluang Investasi BUMN, Erick Thohir BaKal Roadshow ke Qatar

Erick mengatakan itu akan berlangsung pada 22-23 April 2024. Di saat bersamaan, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga melakukan roadshow ke Eropa.

BUKAMATA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal melakukan roadshow atau berkeliling ke Qatar untuk menjajal peluang investasi perusahaan pelat merah.

Erick mengatakan itu akan berlangsung pada 22-23 April 2024. Di saat bersamaan, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga melakukan roadshow ke Eropa.

"Karena memang ya kami korporasi, jadi kami memang harus ketemu investor, ketemu potensial partner untuk kami jajaki siapa tahu ada kesempatan kita berikan value creation," ujar Erick kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (20/4).

Erick mengatakan akan bertemu enam perusahaan di Qatar. Namun, ia tak merinci perusahaan mana saja yang bakal ia temui itu.

Selain itu, ia juga tak mengatakan secara detil investasi apa saja yang bakal ditawarkan. Erick hanya menyebut salah satu yang bakal dijajakan adalah investasi untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

"Saya juga tercatat (datang ke Qatar untuk menjajakan investasi BUMN) termasuk BSI," katanya.

BSI sendiri telah memperluas kehadirannya di Timur Tengah dengan membuka kantor perwakilan di Dubai International Financial Center pada awal Januari 2022 dan memperoleh persetujuan pada Agustus tahun lalu untuk menjadi cabang penuh. BSI juga berencana membuka cabang di Arab Saudi.

BSI juga kini berada di antara 10 bank syariah teratas di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang mencapai angka Rp131,47 triliun atau sekitar US$8,44 miliar.

Belakangan, bank terbesar di Abu Dhabi, Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) juga dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham minoritas Bank Syariah Indonesia (BSI) senilai US$1,1 miliar atau Rp17,8 triliun (kurs Rp16.182 per dolar AS).

Dua sumber yang mengetahui rencana akuisisi tersebut membocorkan kabar tersebut kepada Reuters. Potensi akuisisi 15 persen saham BSI dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi opsi yang tengah dipertimbangkan bank Abu Dhabi tersebut untuk masuk ke pasar Asia Tenggara.

Namun, ADIB menyangkal terlibat dalam negosiasi apapun untuk mengakuisisi BSI. Saham ADIB berakhir turun 5,7 persen pada hari Rabu kemarin setelah laporan Reuters tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BSI Gunawan Hartoyo enggan mengomentari kabar tersebut.

"Yang bisa kami sampaikan adalah informasi di atas ada pada pemegang saham kami," katanya.

"Pembicaraan dan pertimbangan masih dalam tahap awal dan tidak ada jaminan kesepakatan akan tercapai," imbuhnya.

 

#Eric Tohir #Qatar #Investasi #bumn

Berita Populer