Hikmah
Hikmah

Sabtu, 16 Maret 2024 12:57

Dinas PU Makassar Rampungkan Pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang, Siap Jadi Percontohan

Dinas PU Makassar Rampungkan Pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang, Siap Jadi Percontohan

Dinas PU Kota Makassar berhasil menyelesaikan pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang yang sebelumnya terbakar pada Oktober 2022. Kantor ini, dengan anggaran Rp3 miliar dari APBD 2023, menjadi percontohan untuk penerapan solar panel dan memiliki fasilitas modern untuk pelayanan publik.

MAKASSAR,BUKAMATA - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah berhasil menyelesaikan pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang yang sebelumnya hangus dilalap api pada Oktober 2022 lalu. Proyek ini menjadi salah satu tonggak penting dalam pemulihan infrastruktur di Kota Makassar.

Pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang Kecamatan Bontoala menghabiskan anggaran sebesar Rp3 miliar yang bersumber dari APBD 2023 di Dinas PU Kota Makassar. Zuhaelsi Zubir, Kepala Dinas PU Kota Makassar, menjelaskan bahwa kantor tersebut akan menjadi percontohan untuk pembangunan kantor lurah di masa mendatang.

"Kantor Lurah Tompo Balang ini nanti akan menjadi percontohan untuk penerapan solar panel di kantor kelurahan yang ada di Makassar," ujar Elsi, panggilan akrabnya.

Selain dibangun setinggi tiga lantai lengkap dengan aula atau ruang pertemuan, Kantor Lurah Tompo Balang juga telah dilengkapi dengan Solar Panel sebagai langkah menuju Makassar sebagai Low Carbon City.

Menurut Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Gedung Dinas PU, Hajar Aswad, solar panel yang dipasang di Kantor Lurah Tompo Balang memiliki kapasitas daya 3 ribu watt.

"Kantor lurah ini (Tompo Balang-Bontoala) sudah menggunakan solar panel dan itu sudah terpasang tinggal peresmian. Kapasitasnya 3 ribu watt," jelas Hajar Aswad.

Kantor Lurah Tompo Balang dibangun dengan rincian setinggi tiga lantai, di mana lantai pertama merupakan ruang pelayanan, lantai dua merupakan ruang pegawai, dan lantai tiga adalah aula atau ruang pertemuan. Selain itu, kantor ini juga dilengkapi dengan video trone yang akan menampilkan aktivitas pelayanan publik di kantor kelurahan.

 

#Kantor Lurah Tompo Balang #Dinas PU #Pembangunan Infrastruktur #solar panel #APBD 2023 #Pelayanan Publik #Pemulihan Infrastruktur #Low Carbon City