Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Senin, 12 Februari 2024 00:49

Ist
Ist

Waspada Berita Hoaks Pengumuman Pj Bupati di Sulsel

Proses TPA telah melalui proses yang cukup panjang dan direncanakan Senin tanggal 12 Februari sudah finalisasi dan akan dikirimkan ke Pemprov sulsel untuk SK nya.

MAKASSAR, BUKAMATA - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan mekanisme penunjukan Penjabat (Pj) Kepala Daerah. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, menyebutkan, Tim Penilai Akhir (TPA) memiliki peran penting dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas proses penunjukan tersebut.

Menurutnya, sidang TPA ini nantinya akan menentukan calon Pj kepala daerah, baik gubernur untuk tingkat provinsi, maupun bupati atau wali kota.

"Sidang tim penilai akhir dilakukan untuk menentukan Pj kepala daerah. Tim penilai akhir ini dipimpin oleh Presiden dan dihadiri sejumlah menteri dan pimpinan lembaga.

Pj kepala daerah bukan hanya ditentukan oleh Keputusan Presiden, tapi mempertimbangkan masukan tim penilai akhir dalam sidang yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri menteri atau pimpinan lembaga," jelasnya.

Proses penunjukan Pj kepala daerah yang ketat dan melibatkan banyak elemen ini diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan mampu menjalankan roda pemerintahan di daerah dengan baik.

Adapun usulan Pj Bupati Luwu yang telah masuk ke Kementerian Dalam Negeri, yakni :

Usulan Pemprov Sulsel untuk Luwu

1. Andi Darmawan Bintang

2. Imran Jausi

3. Andi Muh Iksan

Usulan DPRD Kabupaten Luwu

1. Sulaiman

2. Andi Arwin

3. Sukarniaty Kondolele

Usulan Kementrian Dalam Negeri

1. Irwansyah

Proses TPA telah melalui proses yang cukup panjang dan direncanakan Senin tanggal 12 Februari sudah finalisasi dan akan dikirimkan ke Pemprov sulsel untuk SK nya. Diharapkan masyarakat tidak memberikan opini-opini yang menggiring publik berasumsi yang berpotensi hoaks. (*)

#Pemprov Sulsel #kemendagri #Penjabat kepala daerah