Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 10 Februari 2024 21:17

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Takalar.
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Takalar.

Peringatan HUT ke-64, Pemkab Takalar Terima Bantuan Rp22 Miliar dari Pemprov Sulsel

Pada peringatan Hari Jadi Takalar ini berbagai rangkaian dilaksanakan seperti ditampilkannya Tari Paddekko dan penyerahan beberapa bantuan dari Pj Gubernur Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Takalar.

TAKALAR, BUKAMATA - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Takalar ke-64 tahun 2024 digelar dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Takalar, di Lapangan Kantor Bupati Takalar, Sabtu, 10 Februari 2024.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yang hadir langsung di peringatan HUT Takalar sangat mengapresiasi pemerintah daerah bersama Ketua DPRD dan Anggotanya karena kekompakannya dalam membangun daerah ini.

"Saya sangat terkesan dengan inovasi dari Pemerintah Daerah Takalar yaitu Bumdesma karena membangun usaha ekonomi itu harus diorganisir. Tentunya investasi/usaha ini akan jalan kalau ada bahan baku alam yang bisa diolah menjadi industri, baik hasil perikanan, peternakan, maupun hasil di bidang pertanian sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah," jelasnya.

Pj Gubernur percaya, dengan kerjasama pemerintah daerah bersama stakeholder dapat membangun Takalar menjadi lebih maju dan siap menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara, Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema hari jadi tahun ini Takalar Damai, Maju dan Beradab. Tema kali ini, sangatlah tepat kiranya untuk mengenang kembali akan sejarah perjuangan para pendahulu kita.

"Kita perlu mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita, untuk mendorong dan motivasi kita semua dan sama-sama bekerja, bahu membahu, dalam mengisi dan melaksanakan pembangunan di segala bidang kehidupan sebagai wujud nyata meneruskan cita-cita para pendahulu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, baik di jajaran pemerintahan maupun masyarakat sesuai kapasitas, kewenangan dan kemampuan yang kita miliki," ujarnya.

Setiawan berharap kolaborasi dan kerjasama semua pihak dalam memajukan Takalar kedepan dan kelemahan yang ada dapat diperbaiki. "Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Takalar demi kesejahteraan masyarakat," pesannya.

Pada peringatan Hari Jadi Takalar ini berbagai rangkaian dilaksanakan seperti ditampilkannya Tari Paddekko dan penyerahan beberapa bantuan dari Pj Gubernur Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Takalar. Seperti penyerahan 1.000 bibit sukun, dan penyerahan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa atensi alat bantu aksebilitas dan pemenuhan hidup layak sebesar Rp287.940.000.

Selain itu, juga diserahkan bantuan lanjutan pembangunan penahan gelombang di PPI Beba tahap dua sebesar Rp15.549.000.000, bantuan rumah ikan dasar, terumbu buatan dan tambahan perahu sebesar Rp.6.747.394.800. Dengan total senilai Rp.22.296.394.800. Juga diserahkan bantuan CSR dari Bank Sulselbar berupa pengadaan bak kontainer sampah dan motor sampah.

Pemerintah Kabupaten Takalar juga mendapatkan bantuan blanko KTP elektronik sebanyak 4.000 keping untuk pemilih pemula dan penyerahan bantuan beras reguler pemerintah dan bufferstok penanganan bencana di Takalar senilai Rp186.453.000.

Pada peringatan HUT Takalar ini juga ditandai dengan penandatangan komitmen bersama tentang peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) antara pemerintah daerah Kabupaten Takalar dengan enam kepala desa di Kabupaten Takalar, dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian proyek dua tahun anggaran 2023 oleh Pj Gubernur Sulsel.

Peringatan Hari Jadi Takalar ke-64 dihadiri Forkopimda Sulsel, Ketua dan Anggota DPRD Sulsel, para Kepala Dinas Provinsi Sulsel, para Kepala Dinas Kota Makassar, Ketua dan Anggota DPRD Takalar, Forkopimda Takalar, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Para Kepala Badan, Kepala Dinas Lingkup Kabupaten Takalar, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kepemudaan, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Takalar. (*)

#Pemprov Sulsel #Pemkab Takalar #Bahtiar Baharuddin #Setiawan Aswad #bantuan