Redaksi
Redaksi

Jumat, 01 Desember 2023 22:09

Dihadiri Sandiaga Uno, Poltekpar Makassar Gelar Bincang Alumni

Dihadiri Sandiaga Uno, Poltekpar Makassar Gelar Bincang Alumni

Direktur Poltekpar Makassar, Harry Rachmat Widjaja mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang untuk saling mengenal antar alumni Poltekpar Makassar dan saling berbagi informasi tentang pekerjaan yang digeluti saat ini.

MAKASSAR, BUKAMATA - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, menggelar acara bicang-bincang bertajuk Alumni Bicara Succes Story. Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Poltekpar Makassar, Jumat (1/12/2023) ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekpar Makassar, Harry Rachmat Widjaja mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang untuk saling mengenal antar alumni Poltekpar Makassar dan saling berbagi informasi tentang pekerjaan yang digeluti saat ini.

"Karena itu, kegiatan ini sangat kita nantikan, selain dalam konteks roadshow temu alumni yang akan dilaksanakan pada 11 sampai 12 Januari tahun 2024 di Bali," ungkapnya.

Harry menyebut, pihaknya sangat bangga, sebab IKA Poltekpar Makassar menjadi IKA Poltekpar pertama yang menyelenggarakan temu alumni secara nasional. Hal itu, lanjut Harry, berkesesuaian dengan posisi Poltekpar Makassar sebagai sekolah kepariwisataan pertama yang didirikan oleh Kementerian Pariwisata.

"Kalau dilihat dari segi umur, Poltekpar Makassar adalah politeknik pariwisata yang pertama kali didirikan oleh Kementerian Pariwisata," ujarnya.

Hingga saat ini, sebut Harry, alumni yang tercatat di database sebanyak 6.550 alumni yang terbagi dalam alumni Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) Ujungpandang sebanyak 445 orang, Akademi Pariwisata Ujungpandang sebanyak 2.941 orang dan Poltekpar Makassar sebesar 3.164 orang.

"Memang kendala kami, mencari data alumni yang akurat. Untuknya, kami meminta bantuan IKA agar dapat ditrack data alumni secara akurat," harapnya.

Sementara itu, Sandiaga Uno dalam sambutannya mengaku sangat terkesan dengan alumni Poltekpar Makassar. "Kesuksesan alumni Poltekpar Makassar bukan hanya di bidang hospitality tetapi di semua bidang," ungkapnya.

Sandi menyebut alumni merupakan aset yang sangat penting bagi lembaga pendidikan. "Saya pernah kuliah di Amerika Serikat dan saya melihat bahwa kemajuan institusi pendidikan itu salah satunya ditopang oleh alumninya yang sukses, yang masih sangat peduli terhadap almamaternya," ungkapnya.

Oleh karena itu, Sandi berjanji akan terus mendukung kegiatan yang digagas oleh IKA Poltekpar Makassar.

Disamping itu, Sandi berharap agar alumni Poltekpar Makassar juga dapat berkontribusi terhadap dunia kepariwisataan di Indonesia, khususnya dalam rangka menciptakan iklim pariwisata hijau.

"Pariwisata hijau yang berkualitas dan berkelanjutan. Kita harus mendidik alumni-alumni Poltekpar Makassar, bahwa mereka harus memberikan sumbangsih terhadap terciptanya pariwisata hijau," harapnya.

Penulis:Risal

#Poltekpar Makassar #Sandiaga Uno