Samsul Bahri
Samsul Bahri

Jumat, 16 Juni 2023 17:08

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jamaah Haji Meninggal akan Dibadalkan, Gratis dan Dapat Sertifikat

Tahun ini mereka yang mendaftar untuk membadalkan jamaah haji yang wafat sudah mencapai sekitar 150 orang. Artinya jumlah yang mau membadalkan cukup signifikan

BUKAMATA - Jamaah haji yang meninggal dunia sebelum puncak haji akan mendapatkan layanan badal haji dari pemerintah.

Selain gratis, layanan ini juga menyediakan sertifikat untuk jamaah yang dibadalkan.

Badal haji merupakan pelaksanaan ibadah haji oleh seseorang atas nama jamaah haji yang berhalangan, termasuk yang meninggal dunia.

Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat menjelaskan, jamaah yang berhak mendapatkan badal haji adalah mereka yang meninggal setelah masuk asrama haji sampai menjelang pelaksanaan wukuf.

Jamaah lainnya yang berhak mendapatkan badal haji adalah mereka yang sakit berat atau punya ketergantungan pada alat-alat di rumah sakit.

"Kondisinya mungkin lumayan cukup parah, sehingga dia tidak bisa dimobilisasi. Nah itu bisa juga masuk kategori (dapat badal haji)," papar Arsad.

Menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Kamis (15/6/2023), pukul 16:52 waktu Arab Saudi, ada 66 jamaah yang wafat sebelum pelaksanaan wukuf sebagai inti ibadah haji.

Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah KH Zulkarnain Nasution mengatakan, semua jamaah haji yang wafat sudah terdata dan akan dibadalkan oleh negara.

Ia menyampaikan, sekarang pemerintah sudah membuka pendaftaran untuk orang yang bersedia membadalkan jamaah haji yang wafat. Mereka yang membadalkan jamaah haji yang wafat adalah
petugas haji yang sudah berhaji.

"Ditambah tenaga pendukung yang sudah berhaji, mereka juga akan menjadi prioritas kita untuk membadalkan jamaah haji yang wafat," ujar Kiai Zulkarnain di Makkah, Jumat (16/6/2023).

Ia menjelaskan, tahun ini mereka yang mendaftar untuk membadalkan jamaah haji yang wafat sudah mencapai sekitar 150 orang. Artinya jumlah yang mau membadalkan cukup signifikan, melebihi jumlah jamaah haji yang wafat sampai saat ini.

#Calon Jemaah Haji #Ibadah haji 2023 #kementerian agama RI