Wiwi
Wiwi

Minggu, 28 Mei 2023 13:02

Najwa Shihab hingga Faisal Basri Masuk Daftar Tim Percepatan Hukum Mahfud MD

Najwa Shihab hingga Faisal Basri Masuk Daftar Tim Percepatan Hukum Mahfud MD

Tugas Tim Percepatan Reformasi Hukum adalah menetapkan strategi dan agenda prioritas, mengoordinasikan kementerian/lembaga, serta mengevaluasi agenda prioritas.

BUKAMATA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membentuk Tim Percepatan Reformasi Hukum untuk mengurai benang kusut hukum di Indonesia.

Tim yang dibentuk atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berisi nama tenar seperti Najwa Shihab dan Faisal Basri.

Berdasarkan informasi yang diterima, penjelasan terkait tim ini tertuang dalam Keputusan Menkopolhukam Nomor 63 Tahun 2023 tentang Tim Percepatan Reformasi Hukum pada 23 Mei 2023.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan tugas Tim Percepatan Reformasi Hukum adalah menetapkan strategi dan agenda prioritas, mengoordinasikan kementerian/lembaga, serta mengevaluasi agenda prioritas.

Adapun agenda prioritas yang dimaksud yakni Reformasi Lembaga Peradilan dan Penegakan Hukum, Reformasi Hukum Sektor Agraria dan Sumber Daya Alam, Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi dan Reformasi Sektor Peraturan Perundang-undangan.

Tim yang terdiri dari beberapa Kelompok Kerja ini mempunyai masa kerja sejak 23 Mei 2023 hingga 31 Desember 2023. Meski demikian, masa kerja tersebut dapat diperpanjang dengan Keputusan Menteri Koordinator.

Tim tersebut dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam sebagai Ketua dan Menko Polhukam sebagai Pengarah. Dalam daftar anggota juga terdapat beberapa nama tenar, mulai dari Najwa Shihab hingga Faisal Basri.

#Mahfud MD #tim percepatan hukum #Najwa Shihab