Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 24 Februari 2023 10:24

Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi Sulsel, yg dilaksanakan Bapelitbangda Sulsel dan ICRAF Indonesia, di Hotel Four Point Makassar, Kamis, 23 Februari 2023.
Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi Sulsel, yg dilaksanakan Bapelitbangda Sulsel dan ICRAF Indonesia, di Hotel Four Point Makassar, Kamis, 23 Februari 2023.

Satu Data Sulsel, Dukung Arah Kebijakan Pembangunan Lebih Baik

Better Data, Better Policy, Better Government, begitu pentingnya data dalam menentukan arah kebijakan pemerintah sehingga data wajib untuk dipublikasikan.

MAKASSAR, BUKAMATA - Pelaksana Tugas Kepala Dinas komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulsel, Sukarniaty Kondolele, hadir sebagai narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi Sulsel, yg dilaksanakan Bapelitbangda Sulsel dan ICRAF Indonesia, di Hotel Four Point Makassar, Kamis, 23 Februari 2023.

Sukarniaty mengatakan, Satu Data Indonesia mengacu pada Pepres No. 39 Tahun 2019. Satu Data Indonesia dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan perencanaan dan penentuan kebijakan bagi pemerintah maupun stakeholder yang terkait.

Lanjut Sukarniaty, peningkatan kapasitas SDM pengelola data harus terus diupgrade agar pengetahuan dan kompetensi berkembang seiring dengan majunya teknologi informasi. "Diskominfo-SP Sulsel sebagai wali data selalu berkolaborasi dengan OPD sebagai produsen data untuk mendapatkan data sektoral yang berkualitas dan dipertanggung jawabkan," lanjutnya.

Manager Tata kelola Sekretariat Tingkat Pusat Kementerian PPN/Bapenas, Wahyu Andrianto, mengatakan, Satu Data Indonesia bentuk tata kelola data yang diperuntukkan bagi perencanaan pembangunan. Hal ini juga sangat penting dalam mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Better Data, Better Policy, Better Government, begitu pentingnya data dalam menentukan arah kebijakan pemerintah sehingga data wajib untuk dipublikasikan," pungkasnya.

Senada dengan narasumber dari BPS Provinsi Sulsel, Pranata Komputer Ahli Madya Muktamar Amal, menyebut data sangat penting sebagai indikator mengetahui kinerja pemerintahan baik pusat maupun daerah. Untuk itu, Forum Satu Data mutlak diperlukan untuk menjaga kualitas data pemerintah.

Turut hadir dalam acara ini BPS Sulsel, Bapelitbangda, ICRAF, OPD lingkup Pemprov Sulsel, serta perwakilan kabupaten/kota se-Sulsel. (*)

#Rakornas Satu Data Indonesia #Pemprov Sulsel #Sukarniaty Kondolele