Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 28 Januari 2023 21:07

Ist
Ist

Waspada Penipuan, Nama Gubernur Sulsel Dicatut untuk Menggalang Dana

Saat ditelusuri menggunakan aplikasi pencari kontak, pelaku diketahui bernama Daeng Adi. Aksinya diduga sudah berulang kali dilakukan sebab muncul pula nama "penipu Wakil Walikota Yogyakarta".

MAKASSAR, BUKAMATA - Nama Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dicatut oknum untuk meminta bantuan atau menggalang dana. Pelaku menghubungi sejumlah korban dengan nomor handphone 081231876497 mengatasnamakan dan memakai foto profil Andi Sudirman Sulaiman. Nomor itu sendiri dipastikan fake alias palsu.

Saat ditelusuri menggunakan aplikasi pencari kontak, pelaku diketahui bernama Daeng Adi. Aksinya diduga sudah berulang kali dilakukan sebab muncul pula nama "penipu Wakil Walikota Yogyakarta".

Plt Kepala Dinas Kominfo Sulsel, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, penipu tersebut memperkenalkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Modusnya meminta bantuan dan menggalang dana.

"Jadi, itu tidak benar. Itu bukan nomor Pak Gubernur," ujar Sukarniaty, Sabtu, 28 Januari 2023.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh pejabat di Sulsel, pegawai dan pihak swasta untuk lebih berhati-hati dan waspada. Karena berbagai penipuan dapat dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ia juga meminta ke masyarakat agar tidak langsung percaya apabila nomor tersebut atau nomor lain mengaku sebagai Gubernur Sulsel. Selain itu juga yang mengatasnamakan pejabat Pemprov.

"Jadi jika mendapat pesan yang mengaku Gubernur atau pejabat Pemprov lainnya dan meminta bantuan, mohon dikroscek dulu. Jangan langsung dipercaya," jelasnya.

Selain itu, Sukarniaty juga berharap agar masyarakat segera melaporkan ke pihak berwajib, jika ada perbuatan yang melawan hukum. Sebab, Pemprov Sulsel tidak bertanggungjawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut.

"Hati-hati. Jika ada yang meminta atau ada maksud tertentu atas nama Gubernur Sulsel, apapun alasannya itu tidak benar," imbaunya. (*)

#Andi Sudirman Sulaiman #Nama gubernur sulsel dicatut #Penggalangan dana #Sukarniaty Kondolele #Pemprov Sulsel