Redaksi
Redaksi

Jumat, 13 Januari 2023 23:02

Badai Tornado Membanting AS Selatan, Membunuh Sedikitnya 7 Orang

Tornado merobek dinding rumah, merobohkan atap dan menumbangkan pohon di Selma, Alabama, sebuah kota yang terukir dalam sejarah gerakan hak-hak sipil.

Badai Tornado Membanting AS Selatan, Membunuh Sedikitnya 7 Orang

Enam kematian tercatat di Autauga County, Alabama, 41 mil (66 kilometer) timur laut Selma, di mana diperkirakan 40 rumah rusak atau hancur akibat tornado yang memotong jalur sepanjang 20 mil (32 kilometer) melintasi dua komunitas pedesaan, kata Ernie Baggett, direktur manajemen darurat kabupaten.

BUKAMAT - Sebuah sistem badai besar yang menimbulkan angin kencang dan tornado bertelur memotong jalan melintasi AS Selatan, menewaskan sedikitnya tujuh orang di Georgia dan Alabama, tempat angin puting beliung merusak bangunan dan melemparkan mobil di jalan-jalan bersejarah. pusat kota Selma.

Pihak berwenang mengatakan gambaran yang lebih jelas tentang tingkat kerusakan dan pencarian korban tambahan akan dilakukan pada Jumat, ketika kondisi diperkirakan akan pulih. Setelah badai mulai mereda pada Kamis malam, puluhan ribu pelanggan kehilangan aliran listrik di kedua negara bagian tersebut.

Enam kematian tercatat di Autauga County, Alabama, 41 mil (66 kilometer) timur laut Selma, di mana diperkirakan 40 rumah rusak atau hancur akibat tornado yang memotong jalur sepanjang 20 mil (32 kilometer) melintasi dua komunitas pedesaan, kata Ernie Baggett, direktur manajemen darurat kabupaten.

Setidaknya 12 orang terluka cukup parah untuk dibawa ke rumah sakit oleh petugas tanggap darurat, kata Baggett kepada The Associated Press. Dia mengatakan kru fokus pada Kamis malam untuk menebang pohon yang tumbang untuk mencari orang yang mungkin membutuhkan bantuan.

Di Georgia, seorang penumpang tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa sebuah kendaraan di Jackson, kata Butts County Coroner Lacey Prue. Di kabupaten yang sama di tenggara Atlanta, badai tampaknya telah membuat kereta barang keluar dari jalurnya, kata para pejabat.

Pejabat di Griffin, selatan Atlanta, mengatakan kepada kantor berita lokal bahwa banyak orang terjebak di dalam kompleks apartemen setelah pohon tumbang di atasnya. Sebuah toko Hobby Lobby di kota kehilangan sebagian atapnya, sementara di tempat lain di kota, petugas pemadam kebakaran melepaskan seorang pria yang telah terjepit selama berjam-jam di bawah pohon yang tumbang menimpa rumahnya. Kota memberlakukan jam malam dari jam 10 malam Kamis hingga jam 6 pagi hari Jumat.

Secara nasional, ada 33 laporan tornado terpisah dari National Weather Service pada hari Kamis, dan Mississippi, Alabama, Georgia, Tennessee, Kentucky, Carolina Selatan, dan Carolina Utara semuanya melihat peringatan tornado untuk sementara waktu. Laporan tornado belum dikonfirmasi dan beberapa di antaranya nantinya dapat diklasifikasikan sebagai kerusakan angin setelah penilaian dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Tornado yang melanda Selma memotong jalur lebar melalui area pusat kota, di mana bangunan bata runtuh, pohon ek tumbang, mobil miring dan kabel listrik dibiarkan menjuntai. Gumpalan asap hitam tebal mengepul di atas kota dari api yang menyala. Tidak segera diketahui apakah badai menyebabkan kobaran api.

“Kami memiliki banyak kabel listrik yang tumbang,” katanya. "Ada banyak bahaya di jalanan."

Mattie Moore termasuk di antara penduduk Selma yang mengambil makanan kotak yang ditawarkan oleh badan amal di pusat kota.

“Syukurlah kita ada di sini. Ini seperti sesuatu yang Anda lihat di TV,” kata Moore tentang semua kehancuran itu.

Sebuah kota berpenduduk sekitar 18.000 orang, Selma berjarak sekitar 50 mil (80 kilometer) di sebelah barat Montgomery, ibu kota Alabama. Itu adalah titik nyala gerakan hak-hak sipil dan di mana pasukan negara bagian Alabama dengan kejam menyerang orang kulit hitam yang mengadvokasi hak pilih saat mereka berbaris melintasi Jembatan Edmund Pettus pada 7 Maret 1965.

Sekitar 40.000 pelanggan tanpa listrik di Alabama pada Kamis malam, menurut PowerOutage.us , yang melacak pemadaman listrik secara nasional. Di Georgia, sekitar 86.000 pelanggan tanpa listrik setelah sistem badai membuat jalur melintasi tingkat kabupaten di selatan Atlanta.

Di Kentucky, Layanan Cuaca Nasional di Louisville mengonfirmasi bahwa tornado EF-1 menghantam Mercer County dan mengatakan bahwa para kru sedang mensurvei kerusakan di beberapa wilayah lainnya.

Tiga faktor — siklus cuaca La Nina alami, pemanasan Teluk Meksiko yang kemungkinan terkait dengan perubahan iklim, dan pergeseran tornado selama puluhan tahun dari barat ke timur — bersama-sama menjadikan wabah tornado hari Kamis tidak biasa dan merusak, kata Victor Gensini, seorang profesor meteorologi di Northern Illinois University yang mempelajari tren tornado.

La Nina, pendinginan bagian Pasifik yang mengubah cuaca di seluruh dunia, merupakan faktor dalam membuat aliran jet bergelombang yang membawa udara dingin, kata Gensini. Tapi itu tidak cukup untuk wabah tornado. Yang dibutuhkan adalah kelembapan.

Biasanya udara di Tenggara cukup kering sepanjang tahun ini tetapi titik embunnya dua kali lipat dari biasanya, kemungkinan karena air hangat yang tidak biasa di Teluk Meksiko, yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh perubahan iklim. Kelembaban itu menghantam bagian depan yang dingin dan semuanya ada di tempatnya, kata Gensini.

Malesha McVay mengambil video dari puting beliung raksasa, yang akan berubah menjadi hitam saat menyapu rumah demi rumah.

"Itu akan menabrak rumah, dan asap hitam akan berputar," katanya. “Itu sangat menakutkan.”

 

 
#Amerika Serikat #Angin kencang #Badai Tornado