Wiwi
Wiwi

Senin, 02 Januari 2023 08:00

Liburan Telah Usai! Ini Cara Mengembalikan Semangat Bekerja

Liburan Telah Usai! Ini Cara Mengembalikan Semangat Bekerja

Terkadang untuk mengembalikan mood dan produktivitas bekerja, kamu perlu merencanakan hal-hal baru untuk diaplikasikan setelah liburan.

BUKAMATA – Masa libuaran Natal dan akhir tahun telah selesai. Ini saatnya kita kembali beraktivitas seperti biasa: bersekolah, kuliah, dan bekerja.

Masa-masa setelah libur, biasanya membuat kita merasa sulit kembali fokus pada aktivitas yang biasanya dijalankan, sehingga produktivitas dapat menurun.

Terkadang untuk mengembalikan mood dan produktivitas bekerja, kamu perlu merencanakan hal-hal baru untuk diaplikasikan setelah liburan.

1. Buat ‘To Do List’ dan Ciptakan Suasana Kerja Nyaman

Melansir dari Psychology Today, orang yang menghabiskan liburan bersama keluarga–seperti yang kerap dilakukan saat liburan–dapat memberikan dampak positif pada kesehatan.

Beberapa manfaat menghabiskan liburan bersama keluarga antara lain seperti mengurangi kondisi stres, memperpanjang usia, mengurangi gangguan pada otak, hingga memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Momen liburan juga dapat digunakan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari yang tentunya membuat kamu merasa lelah atau stres.

Namun, seperti sudah disinggung sebelumnya, jangan lupa untuk mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan usai.

Beberapa orang terkadang merasakan kondisi stres saat masa liburan telah berakhir, karena belum siap untuk kembali bekerja.

Nah, tak jarang hal ini yang bikin produktivitas menurun. Jika merasa sedih, muram, stres, saat libur Lebaran telah berakhir, sebaiknya segera lakukan beberapa cara untuk mengembalikan produktivitas bekerja kembali optimal. Apa saja?

2. Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat jelang kembali untuk bekerja. Biasanya, saat liburan akan menghabiskan waktu seharian untuk jalan, berkunjung ke tempat keluarga atau ke tempat wisata.

Ketika waktu masuk kerja hampir tiba, kamu perlu meluangkan waktu satu hari untuk istirahat biar fit saat kerja.

3. Buatlah Jadwal ‘ To Do List’

Bingung harus mengerjakan apa di kantor setelah liburan? Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari pertama kembali bekerja.

Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa liburan memang cukup berat, namun dengan membuat jadwal pekerjaan, kamu kembali terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan sehingga produktivitas bisa kembali normal.

4. Mendengarkan Musik Favorit

Melansir studi dari Atlanta Institute of Music & Media College, mendengarkan musik favorit bisa menjadi salah satu cara mengembalikan produktivitas kerja sehabis liburan. Mood bisa lebih positif sehingga Bekerja jadi lebih semangat.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hari kerja dengan mendengarkan musik menyenangkan agar produktivitas kerja dapat kembali normal.

#liburan #Tips #semangat kerja

Berita Populer