Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 02 Desember 2022 20:18

Koalisi Indonesia Bersatu
Koalisi Indonesia Bersatu

PAN Mulai Lirik Ganjar Pranowo, Isyarat Tinggalkan KIB?

PAN telah membangun koalisi bersama PPP dan Partai Golkar untuk menghadapi Pemilu 2024. Koalisi itu bernama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

JAKARTA, BUKAMATA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menyebut, partainya mempertimbangkan usulan untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai presiden pada Pilpres 2024. Zulhas mengatakan, Ganjar punya modal elektabilitas. Nama Ganjar selalu unggul di berbagai survei.

"Tentunya DPP PAN akan mempertimbangkan dengan cermat aspirasi tersebut, apalagi memang hasil sejumlah survei Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu selalu menempati posisi teratas tiga capres 2024," ucap Zulhas melalui keterangan tertulis, Jumat, 2 Desember 2022.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam peluncuran bakal caleg PAN. Ganjar hadir pada acara tersebut.

Selain Ganjar, ada pula Menteri BUMN Erick Thohir. Zulhas pun berkata Erick masuk radar PAN untuk Pilpres 2024.

"Nama Erick Thohir sebagai cawapres 2024 juga mengemuka di sejumlah DPW PAN dan selalu nyantol namanya Pak Erick. Kami pertimbangkan matang semuanya," ucap Zulhas, dilansir dari CNN Indonesia.

PAN telah membangun koalisi bersama PPP dan Partai Golkar untuk menghadapi Pemilu 2024. Koalisi itu bernama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Meski demikian, koalisi itu belum mendeklarasikan capres dan cawapres yang akan diusung. Golkar masih bersikukuh ingin mengusung ketua umum mereka, Airlangga Hartarto. Begitu pula PAN yang masih ingin mendorong Zulhas ikut Pilpres.

Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan agar masyarakat berhati-hati memilih capres pada Pilpres 2024. Dia menyarankan agar sosok yang dipilih adalah yang memikirkan rakyatnya.

Menurutnya, sosok yang memikirkan rakyat diantaranya tampak dari penampilan.

"Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat," kata Jokowi. (*)

#Koalisi Indonesia Bersatu #kib #Zulkifli Hasan #PAN #Golkar #PPP