Hikmah
Hikmah

Senin, 28 November 2022 21:29

Ratusan warga yang tergabung dalam aliansi Barabaraya melakukan aksi pembakaran akta jual beli (AJB) tanah secara simbolis sebagai bentuk kekecewaan terhadap keputusan Kejati, Senin (28/11/2022)
Ratusan warga yang tergabung dalam aliansi Barabaraya melakukan aksi pembakaran akta jual beli (AJB) tanah secara simbolis sebagai bentuk kekecewaan terhadap keputusan Kejati, Senin (28/11/2022)

Kecewa Terhadap Putusan Pengadilan, Warga Barabaraya 'Bakar AJB' di Depan Gedung PN Makassar

Mereka merasa terjadi kongkalikong antara pihak pengadilan dan pihak penggugat. Mereka mengindikasikan hal tersebut, dikarenakan hakim yang memimpin sidang putusan pengadilan saat itu Sudrajad Dimyati , kini ditahan oleh KPK atas kasus suap perkara pengurusan perkara di MA.

MAKASSSAR, BUKAMATA - Ratusan warga Kelurahan Barabaraya, Makassar melakukan unjuk rasa di depan gedung Pengadilan Negeri Makassar hari ini Senin (28/11/2022). Massa aksi tersebut tergabung dalam aliansi Barabaraya. 

Massa unjuk rasa, menyampaikan kekecewaannya terhadap putusan pengadilan pada sidang ke empat yang digelar di Kejaksaan Tinggi. Pasalnya tiga sidang sebelumnya putusan Pengadilan menetapkan kemenangan terhadap warga Barabaraya sedangkan sidang ke empat, warga dinyatakan kalah. 

Humas Aliansi Barabaraya sekaligus Kepala Rukun Warga (RW) Barabaraya mengatakan, sidang ke empat digelar pihak Pengadilan tepat di saat pandemi Covid-19. Akibat kondisi tersebut Warga Barabaraya, tidak melakukan unjuk rasa maupun aksi pengawalan terhadap proses hukum yang berlangsung karena patuh terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi. 

"Kami tidak melakukan pengawalan terhadap proses hukum dikarenakan protokol kesehatan di tengah pandemi, jangankan aksi, konsolidasi pun tidak kami lakukan. Ini karena larangan berkerumun pada saat itu. Namun, ternyata hal itu menjadi malapetaka bagi kami. Putusan pengadilan menetapkan bahwa warga Barabaraya kalah." tutur. 

Hal tersebut membuat warga Barabaraya mempertanyakan perihal putusan pengadilan. Mereka merasa terjadi kongkalikong antara pihak pengadilan dan pihak penggugat. Mereka mengindikasikan hal tersebut, dikarenakan hakim yang memimpin sidang putusan pengadilan saat itu Sudrajad Dimyati , kini ditahan oleh KPK atas kasus suap perkara pengurusan perkara di MA. Sudrajad diduga menerima uang sebesar Rp800 juta. 

Berdasarkan pantauan bukamatanews.id, unjuk rasa ditutup dengan aksi simbolik bakar Akta Jual Beli (AJB). sebagai bentuk kekecewaan warga Barabaraya terhadap putusan pengadilan.

Penulis : Baso Pattola Ade
#Barabaraya #Aliansi warga Barabaraya #Pengadilan Negeri Makassar