Wiwi
Wiwi

Sabtu, 26 November 2022 06:23

Ini Tips Sehat dan Bugar di Usia 60 Tahun Ala Tom Cruise

Ini Tips Sehat dan Bugar di Usia 60 Tahun Ala Tom Cruise

Cruise juga rutin melakukan panjat tebing, hiking, jogging, atau lari di treadmill. Pemilik nama lengkap Thomas Cruise Mapother IV itu juga suka angkat beban.

BUKAMATA — Aktor yang dikenal membintangi film aksi Mission: Impossible, Tom Cruise, ternyata memiliki hobi yang memacu adrenalin seperti susur gua (caving), kayak di laut, hingga anggar.

Rupanya, berbagai hobi tersebut menjadi kunci tubuhnya tetap bugar dan sehat, meski usianya sudah menginjak 60 tahun.

Selain itu, Cruise juga rutin melakukan panjat tebing, hiking, jogging, atau lari di treadmill. Pemilik nama lengkap Thomas Cruise Mapother IV itu juga suka angkat beban.

"Saya melakukan begitu banyak aktivitas berbeda," kata aktor Top Gun: Maverick itu dalam wawancaranya dengan Daily Mail pada 2015 lalu dilansir Bukamata, Sabtu (26/11/22).

Tujuh tahun setelah wawancara tersebut, Cruise tampaknya masih menekuni hobi-hobi yang memacu adrenalin seperti yang terlihat di unggahannya Instagram belum lama ini. Dalam video yang dibintangi bersama komedian James Corden tersebut, ayah tiga anak itu tampak menerbangkan pesawat, dan dia masih terlihat bugar.

Dengan terlibat dalam olahraga seperti kayak, seseorang memang harus memiliki kesehatan fisik yang baik. Layanan kesehatan nasional Inggris (NHS) merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap pekan.

Target itu dapat dipecah menjadi latihan harian 30 menit, lima kali per pekan. Untuk memecahnya lebih jauh, Anda dapat melakukan tiga aktivitas 10 menit setiap hari.

"Olahraga adalah obat ajaib yang kita semua telah nantikan. Olahraga bisa mengurangi risiko penyakit utama, seperti penyakit jantung koroner, strok, diabetes tipe 2, dan kanker," kata NHS, seperti dilansir dari laman Express.

Selain itu, olahraga dapat juga menurunkan risiko kematian dini hingga 30 persen. NHS mengungkapkan, ada sebuah studi yang membuktikan bahwa aktif secara fisik dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Aktivitas fisik juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko stres, mengurangi risiko depresi klinis, dan mengurangi risiko demensia.

"Mengingat banyaknya bukti, tampaknya jelas bahwa kita semua harus aktif secara fisik. Sangat penting jika Anda ingin menjalani kehidupan yang sehat dan memuaskan hingga usia tua,” kata NHS.

Meskipun setiap individu disarankan untuk berolahraga 150 menit setiap pekan, namun semakin lama durasi olahraga, maka semakin baik kesehatan Anda. Di sisi lain jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak alias mager, seperti duduk dan rebahan dalam waktu yang lama, Anda sangat berisiko mengalami penyakit kronis. Ketidakaktifan dianggap sebagai silent killer karena sangat merugikan kesehatan.

#tom cruise #Tips #diet sehat