Wiwi
Wiwi

Jumat, 25 November 2022 06:31

Cara Menghilangkan Luka yang Menghitam, Bisa Pakai Scrub Kopi

Cara Menghilangkan Luka yang Menghitam, Bisa Pakai Scrub Kopi

Meski tidak selalu berbahaya, bekas luka membandel bisa membuat penderitanya kurang percaya diri karena tampilan kulit jadi tidak mulus.

BUKAMATA – Cara menghilangkan bekas luka tahunan memang tak semudah mengobati bekas luka baru yang berwarna kemerahan.

Bekas luka tahunan umumnya sudah menghitam. Kondisi ini dipengaruhi oleh tingkat keparahan cedera sehingga kerusakan kulitnya cukup serius.

Misalnya luka bekas cacar air, terjatuh karena kecelakaan, tergores, lecet, teriris benda tajam, atau akibat iritasi.

Meski tidak selalu berbahaya, bekas luka membandel bisa membuat penderitanya kurang percaya diri karena tampilan kulit jadi tidak mulus.

Berikut cara menghilangkan bekas luka tahunan dilansir Bukamata dari Healthline.

1. Sabun atau scrub kopi

Sabun atau scrub berbahan dasar kopi bisa membantu menghilangkan bekas luka membandel. Kafein dari kopi bermanfaat mengangkat sel kulit mati yang ada di bekas luka.

Anda dapat menggunakan sabun kopi setiap mandi, sedangkan untuk scrub dipakai seminggau dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Losion vitamin E

Losion badan, pelembap, atau suplemen vitamin E dipercaya efektif untuk menyembuhkan bekas luka.

Meski tidak menghilangkan bekasnya sekaligus, setidaknya luka menghitam tersebut dapat memudar dan terlihat sama dengan warna kulit asli.

3. Krim OTC

Krim Over The Counter (OTC) merupakan produk perawatan kulit yang umumnya dijual bebas, dan tidak perlu resep dokter.

Krim OTC memiliki formula yang mengandung bahan alternatif lain, dan bertujuan mengurangi ukuran serta bekas luka kemerahan atau gatal.

4. Chemical peel

Cara menghilangkan bekas luka tahunan bisa dengan metode chemical peeling, yaitu proses pengelupasan kulit mati, menggunakan cairan kimia khusus berbahan aktif.

Chemical peeling dapat mempercepat regenerasi kulit. Perawatan ini umumnya tersedia di klinik kecantikan kulit khusus, karena harus dalam pengawasan dokter.

5. Steroid

Suntikan kortikosteroid dinilai efektif untuk mengobati jenis bekas luka tertentu, seperti bekas luka tebal hipertrofik atau keloid.

Nantinya cairan dalam suntikan tersebut langsung disalurkan ke area luka untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal. Supaya hasilnya maksimal, suntikan ini harus dilakukan berkala.

6. Terapi laser

Alternatif lain supaya bekas luka tahunan menghilang yaitu dengan terapi laser. Jenis terapi laser ini menargetkan ke pembuluh darah untuk mengurangi tampilan bekas luka.

Meski tidak menghilangkan bekas luka sepenuhnya, laser ini berfungsi mengurangi kemerahan. Terapi laser hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau ahli estetika.

7. Microneedling

Cara menghilangkan bekas luka tahunan berikutnya menggunakan perawatan microneedling, yang menggunakan jarum-jarum halus untuk merangsang produksi kolagen.

Microneedling dapat membantu merestrukturisasi kulit dan mengurangi munculnya bekas luka. Perawatan ini tersedia di klinik estetika atau dermatologi.

Itulah cara menghilangkan bekas luka tahunan. Semoga dapat membantu. 

 

#luka #Tips #Kecantikan